21 Manfaat Temulawak Untuk Kesehatan Dan Kecantikan Tubuh

Manfaat Temulawak – Hampir semua orang mengenal temulawak, terutama kaum wanita karena temulawak biasa digunakan sebagai bumbu dapur maupun bahan pembuatan jamu tradisional. Temulawak merupakan kerabat dari kunyit yang mengandung banyak senyawa aktif yang dapat membantu memelihara kesehatan tubuh. Tak hanya itu, temulawak sering digunakan untuk mengatasi berbagai penyakit maupun dijadikan bahan pembuatan produk kecantikan, baik secara alami maupun buatan pabrik.

Temulawak seringkali dianggap sebagai kunyit karena memiliki wujud yang hampir sama. Tanaman asli Indonesia yang dimanfaatkan rimpangnya ini memiliki rasa yang sedikit pahit, namun dibalik rasanya tersebut tersimpan segudang manfaat yang luar biasa. Tak heran bila temulawak sudah digunakan oleh para leluhur sejak zaman dahulu untuk berbagai keperluan seperti mengobati penyakit. Berikut ini merupakan berbagai manfaat temulawak yang perlu untuk kita ketahui baik untuk kesehatan maupun kecantikan tubuh.

Manfaat Temulawak

Manfaat Temulawak untuk Kesehatan dan Kecantikan

Sebagian besar orang mungkin sudah tidak asing dengan penggunaan temulawak. Namun bagi yang belum terlalu mengenalnya dan tidak tahu apa saja manfaatnya, berikut ini adalah manfaat temulawak yang sangat mengagumkan.

1. Meningkatkan Fungsi Hati

Hati yang berperan dalam menetralisir racun dan menghasilkan cairan untuk proses metabolisme seringkali mengalami masalah atau gangguan. Hal tersebut tentu saja dapat mengganggu fungsinya yang berdampak buruk terhadap kesehatan. Untuk membantu memelihara dan meningkatkan fungsi hati, kita bisa mengandalkan temulawak yang sering dijadikan jamu. Kandungan katagoga dan kurkumin di dalamnya dapat membantu mengosongkan kantung empedu dan merangsang produksi cairan empedu di hati. Selain itu kurkumin juga membantu menurunkan kadar SGOT dan SGPT dalam darah sehingga kesehatan hati tetap terjaga.

2. Mengatasi Radang Sendi

Orang tua yang telah lanjut usia seringkali mengeluhkan sakit pada persendiannya yang umumnya disebabkan adanya peradangan. Untuk membantu mengatasinya, kita bisa menggunakan temulawak yang bisa dijadikan jamu ataupun diminum air rebusannya secara rutin. Atau bisa juga mengkonsumsi ekstrak temulawak yang dijual di pasar. Secara bertahap rasa sakit pada radang sendi maupun arthritis akan jauh berkurang sehingga orang tersebut dapat beraktivitas dengan lancar.

3. Mencegah Kanker

Sebagai penyakit yang paling mematikan, kanker sangat ditakuti oleh semua orang. Tindakan pencegahan dinilai lebih baik dilakukan sebelum penyakit tersebut menyerang. Adapun temulawak dapat dimanfaatkan untuk mencegah munculnya penyakit kanker di dalam tubuh. Kandungan kurkuminnya dapat menghambat pembentukan sel kanker dan menghancurkan pembuluh darah yang memasok nutrisi ke sel kanker. Meskipun masih membutuhkan penelitian lebih lanjut, manfaat temulawak ini perlu mendapat perhatian khusus.

4. Mengatasi Masalah Pencernaan

Kandungan senyawa dalam temulawak mampu merangsang pembentukan atau memproduksi cairan empedu dalam kantung empedu yang berguna untuk memetabolisme makanan yang masuk. Dengan begitu temulawak dapat mencegah terjadinya berbagai masalah pencernaan seperti magh, kembung dan gas berlebihan yang muncul karena proses pencernaan yang kurang lancar.

5. Menurunkan Kolesterol dan Lemak Darah

Kandungan senyawa berupa kurkuminoid dalam temulawak atau ekstraknya ternyata juga dapat menurunkan kadar kolesterol atau lemak jahat yang menumpuk dalam darah. Manfaat tersebut tentunya dapat mendukung kesehatan jantung dan pembuluh darah, karena kadar lemak jahat yang menurun dan kadar lemak baik meningkat sehingga peredaran darah menjadi lancar dan resiko penyempitan pembuluh darah dapat dihindari.

[ Baca juga : 4 Makanan sehat penurun kolesterol ]

6. Mengatasi Sakit pada Ginjal

Umumnya sakit yang terdapat pada ginjal adalah terbentuknya batu ginjal yang dapat menghambat ginjal untuk berfungsi sebagaimana mestinya. Untuk mengatasinya, kita dapat memanfaatkan tumbuhan sebagai obat alami, yaitu temulawak. Rebuslah satu rimpang temulawak berukuran sedang yang telah dikupas dan dicuci bersih, bersama segenggam meniran dan segenggam daun kumis kucing dalam 4 gelas air. Didihkan hingga menyusut menjadi setengahnya, kemudian minumlah ramuan tersebut tiga kali sehari hingga sakit dapat disembuhkan.

7. Mengobati Hepatitis

Penyakit hepatitis yang menyerang hati juga bisa disembuhkan dengan menggunakan temulawak. Cara memanfaatkannya yaitu dengan menyiapkan dua rimpang temulawak yang dikupas dan dibersihkan. Iris temulawak tipis-tipis dan rebus dalam setengah liter air. Setelah menyusut menjadi setengahnya saring airnya lalu minum. Jika tidak suka dengan rasanya bisa ditambahkan gula aren secukupnya untuk menambah rasa.

8. Mengatasi Masalah Asma

Penderita asma tentu merasa sangat tersiksa karena harus berjuang keras hanya demi untuk sekedar bernapas. Untuk membantu mengatasi masalah asma apalagi yang telah berlangsung lama, manfaatkan temulawak yang sangat mudah dilakukan. Caranya, kupas dan iris setengah rimpang temulawak lalu rebus dalam 5 gelas air. Setelah menyusut setengahnya angkat dan saring lalu tunggu hingga dingin. Tambahkan gula aren secukupnya dan minumlah air rebusan tersebut tiga kali sehari.

9. Menyembuhkan Bisul

Sebagai salah satu jenis penyakit kulit, bisul kerap dianggap mengganggu dan mengurangi rasa nyaman seseorang. Untuk mempercepat penyembuhan dan mengempeskan bisul, kita bisa menggunakan ramuan temulawak. Caranya siapkan satu rimpang temulawak, kupas dan cuci bersih lalu iriskan. Rebus dalam 2 gelas air dan ditambahkan gula aren secukupnya. Tambahkan pula seibu jari asam jawa, aduk hingga rata dan menyusut setengahnya. Minum ramuan tersebut sekali sehari secara rutin hingga bisul sembuh.

Loading...

Manfaat lainnya :

10. Mengurangi Gejala Morning Sickness

Ibu hamil memang sering mengalami gejala morning sickness yang dianggap cukup mengganggu. Apalagi jika harus merasakan mual hingga muntah sepanjang hari tentu kondisi tubuh akan semakin lemah. Untuk mengatasi gejala morning sickness seperti rasa mual yang berlebihan secara alami, kita dapat menggunakan temulawak. Namun ibu hamil harus berkonsultasi dengan ahli medis sebelum mengkonsumsinya karena dikhawatirkan akan berdampak buruk terhadap janinnya.

[ Baca juga : 5 Makanan sehat untuk Ibu hamil ]

11. Meningkatkan Nafsu Makan

Manfaat temulawak dalam meningkatkan nafsu makan memang sudah dikenal sejak lama, sehingga orang tua zaman dahulu sering memberikan jamu atau ekstrak temulawak pada anaknya yang susah makan. Temulawak mengandung minyak atsiri yang dapat membangkitkan nafsu makan baik pada anak maupun orang dewasa.

12. Meningkatkan Kecantikan Wajah

Temulawak juga bisa digunakan untuk menambah kecantikan kulit wajah secara alami, sama seperti kunyit yang penggunaannya dijadikan sebagai masker. Kandungan antioksidan dalam temulawak dapat menghambat proses penuaan dini pada kulit wajah, mengatasi kekusaman dan mencegah serangan radikal bebas pada kulit yang dapat menyebabkan kerusakan.

13. Meningkatkan Produksi ASI

Produksi ASI didukung oleh asupan protein dan asam lemak yang diperoleh dari makanan. Namun adakalanya nutrisi tersebut teroksidasi dan hal ini dapat menurunkan produksi ASI. Untuk mengatasinya, temulawak dapat diandalkan dalam mencegah oksidasi nutrisi tersebut sehingga keluarnya ASI akan terus lancar.

[ Baca juga : Cara meningkatkan produksi ASI ]

14. Mengobati Penyakit Liver

Orang yang sedang sakit liver atau sakit kuning umumnya memanfaatkan temulawak agar bisa segera sembuh. Cara memanfaatkannya yaitu siapkan temulawak yang telah dikupas sebanyak 20 gram, setelah itu parut. Beri sedikit air lalu peras temulawak tersebut. Air perasan tersebut kemudian ditambahkan segelas air lalu rebus hingga mendidih. Setelah diangkat tunggu hingga menjadi hangat lalu segera minum sampai habis.

15. Mengatasi Jerawat

Jerawat yang menjadi masalah paling umum pada kulit wajah bisa diatasi dengan temulawak menggunakan 2 cara. Pertama bisa dengan mengkonsumsi air rebusan irisan temulawak, dan yang kedua bisa dengan memarutnya hingga halus kemudian dijadikan masker wajah. Namun saat dijadikan masker, hindari pemakaian lebih dari 10 menit agar warna kuning dari temulawak bisa dihilangkan.

[ Baca juga : Cara menghilangkan jerawat dengan bahan alami ]

16. Menghaluskan dan Mengencangkan Kulit

Sama seperti saat mengatasi jerawat, temulawak pun ampuh untuk menghaluskan kulit serta mengencangkannya sehingga keriput halus dapat tersamarkan. Temulawak dapat dijadikan masker yang digunakan secara rutin yaitu 2-5 kali seminggu. Serat kasar temulawak yang diparut dapat menjadi scrub alami untuk mengangkat sel kulit mati dan menjadikan kulit lebih halus dan cerah.

17. Melancarkan Haid

Siklus haid yang tidak normal atau tidak lancar memang sering membuat wanita uring-uringan. Agar haid kembali lancar, kita bisa memanfaatkan temulawak yang direbus dalam panci berisi air. Bila dilakukan secara teratur maka haid akan normal kembali. Namun perhatikan, hindari penggunaan panci aluminium agar kandungan logam tersebut tidak terurai bersama dengan air rebusan temulawak.

[ Baca juga : Cara mengatasi nyeri haid dengan ramuan tradisional ]

18. Mengatasi Komedo

Masalah kulit wajah bukan hanya jerawat saja, komedo pun sering menjadi masalah yang sulit diselesaikan oleh kaum hawa. Sama seperti cara mengatasi jerawat, kita juga bisa mengatasi komedo dengan menggunakan temulawak. Kita bisa meminum air rebusannya maupun menggunakannya sebagai masker wajah.

[ Baca juga : Cara menghilangkan komedo secara alami ]

19. Mencegah Insomnia

Masalah insomnia atau kesulitan tidur memang bisa menjadi masalah serius karena orang yang mengalaminya dapat mengalami berbagai gangguan kesehatan akibat kurang beristirahat. Cara mengatasi insomnia secara alami adalah dengan mengkonsumsi air rebusan temulawak yang diiris secukupnya. Lakukan cara ini dengan rutin dan secara bertahap pola tidur Anda akan menjadi lebih berkualitas.

20. Meningkatkan Mood

Adakalanya mood seseorang bisa menjadi turun dan tidak bersemangat. Tentunya hal tersebut dapat menghambat aktivitas dan mengurangi kreativitas dalam bekerja. Untuk mengatasinya, kita bisa mengkonsumsi air rebusan temulawak sebelum beraktivitas di pagi hari. Mood akan segera bangkit dan semua pekerjaan dapat terselesaikan.

21. Mengatasi Darah Kotor

Darah kotor dalam tubuh yang tidak segera dikeluarkan dapat menjadi penyebab berbagai penyakit di dalam tubuh, bahkan menyebabkan masalah kulit seperti bisul dan jerawat. Untuk mengurangi darah kotor tersebut, temulawak dapat diandalkan. Kita hanya perlu meminum jamu atau air rebusan temulawak secara rutin agar darah kotor dapat keluar dari tubuh.

Efek Samping Temulawak

Dosis penggunaan temulawak dapat berbeda setiap orang, karena itu penting untuk bekonsultasi dengan ahli herbal sebelum mengkonsumsinya. Sebaiknya hindari penggunaan dalam jangka waktu yang lama dan jumlah yang besar untuk menghindari efek sampingnya. Setidaknya orang dewasa hanya boleh mengkonsumsinya secara berurut-turut tidak lebih dari 18 minggu. Berlebihan mengkonsumsi temulawak dapat menyebabkan mual, diare, gangguan empedu hingga pendarahan.

Setiap obat herbal memang minim efek samping, namun jika digunakan berlebihan bisa saja menimbulkan efek buruk yang tidak diinginkan. selain itu ibu hamil dan menyusui sebaiknya tidak mengkonsumsinya. Kalaupun memang dapat melancarkan ASI sebaiknya konsultasikan dahulu kepada ahlinya. Itulah manfaat temulawak untuk kesehatan dan kecantikan bagi tubuh kita yang sangat luar biasa. Dengan memperhatikan dosis yang tepat maka seluruh manfaatnya bisa kita peroleh.

Loading...