Manfaat terapi Ikan bagi kesehatan

Manfaat terapi Ikan bagi kesehatan – Sekarang ini tidak hanya di Indonesia gencarnya pengobatan alternatif yang awalnya berasal dari daerah Asia ini. Beberapa negara diluar bahkan sudah mempercayai patennya atau bukti dari pengobatan alternatif. Terlepas dari benar atau tidak akan menjadi sehat. Hal ini bisa menjadi jalan lain dalam mengusahakan kesembuhan bagi para penderita penyakit. Selain itu jenis dari pengobatan alternatif sendiri sangat banyak. Baik dari pijat, hingga yang menggunakan media alat dan juga pengobatan lainnya.

Salah satunya adalah terapi ikan, terapi ini banyak mendatangkan pro dan kontra. Karena memanfaatkan makhluk hidup lain atau hewan sebagai alat terapi manusia. Cara kerja terapi ikan adalah, memanfaatkan ikan sebagai hewan yang memakan racun atau kotoran yang keluar dari tubuh dan membiarkan ikan memakan di bagian kaki atau tangan. Hal tersebut mungkin berlaku terutama bagi yang dianggap menderita penyakit. Ikan yang digunakan bukanlah ikan sembarangan. Jenis ikan yang digunakan untuk terapi adalah ikan Gara rufa yang berasal dari Turki dan ikan nilem yang didapatkan dari Indonesia. Ikan-ikan ini sengaja dikembangbiakkan untuk menjadi pengisi kolam terapi. Ikan akan bekerja dengan mengigit kulit kaki orang yang melakukan terapi. Entah siapa yang memulai namun dikatakan bahwa gigitan ikan akan membuat tubuh lebih rileks dan nyaman. Apa saja manfaat yang bisa diperoleh dari terapi ikan?

manfaat terapi ikan

Gambar ilustrasi

5 Manfaat terapi ikan untuk kesehatan

1). Menenangkan pikiran

Banyak yang menyarankan bahwa rumah haruslah memiliki taman, kolam hias dan kolam renang. Dengan membuat salah satunya maka rumah akan terasa lebih nyaman. Nah teori ini yang dipakai dalam terapi, jika hanya melihat saja bagaimana jika berinteraksi langsung. Gigitan dan juga cara ikan terapi memakan akan memberikan efek nyaman dan juga menenangkan pikiran. Terutama karena anda akan bermain dengan air, hawa tubuh tidak lagi panas. Maka terapi ikan dikatakan sangat cocok untuk menenangkan pikiran dan menghilangkan stress. Gunakan kegiatan terapi ikan pada akhir minggu atau setelah anda menyelesaikan pekerjaan berat

[ Baca juga : 10 Penyakit berbahaya akibat stress berlebih ]

2). Memperbaiki bekas luka

Bekas luka amatlah menggangu. Terutama bagi para wanita yang sering mengenakan rok atau celana pendek. Nah, gigitan ikan yang cukup terasa ternyata akan merangsang enzim untuk mengeluarkan enzim yang bisa memperbaiki jaringan yang rusak permanen seperti bekas luka. Untuk itu terutama jika ada luka di kaki atau di tangan ada baiknya untuk melakukan terapi ikan dan berharap luka tersebut akan hilang.

[ Baca juga : Cara menghilangkan bekas luka membandel ]

3). Menurunkan berat badan

Efek ini terjadi ketika otot dan syaraf pada bagian kaki mendapatkan pijatan lembut dan membuat sistem ini berjalan untuk semua anggota tubuh. Alasan inilah yang mendukung beberapa orang merasa bahwa ikan bisa menurunkan berat badan. Ikan juga bisa menjadi media dalam menurunkan berat tersebut. Nah, bagi anda yang merasa ingin menghilangkan lemak tanpa menyerah. Lakukan cara tambahan seperti terapi ikan ini.

[ Baca juga : Cara menurunkan berat badan secara efektif ]

4). Mengangkat sel kulit mati

Terapi ikan tentu memanfaatkan ikan sebagai media utama dalam melakukan terapi. Pada praktiknya, ikan akan membantu memakan sel kulit mati di bagian kulit yang dicelupkan ke dalan kolam. Tentu saja hal ini berarti terapi ikan akan mengangkat sel kulit mati dan juga membersihkan kulit. Selain itu anda juga akan merasa segar dan tidak lagi kusam karena sel mati sudah banyak terangkat. sehingga tidak perlu khawatir kulit kaki busik atau kering dan kulit tangan kusam. Gunakan terapi ikan untuk menjaga kecerahan dan kebersihan kulit anda juga.

[ Baca juga : Manfaat luar biasa rutin berjalan kaki ]

5). Melancarkan peredaran

Bukan rahasia lagi bahwa kaki merupakan pusat dari aliran darah atau jalannya organ dengan baik atau tidak. Bagi para alternatif, kaki merupakan kunci dari penyembuhan dan tak terkecuali terapi ikan. Dengan gigitannya akan disugestikan bahwa peredaran akan lancar dan beberapa aliran darah ke atas akan berjalan semestinya. Maka ada baiknya yang sering pusing atau mengalami hal seperti kelelahan, nah ada baikny terapi ikan.

Loading...
21 Shares
Share21
+1
Pin
Tweet