39 Manfaat Terong ungu untuk kesehatan & kecantikan

Manfaat Terong ungu – Siapapun pasti kenal dengan terong, dari usia anak-anak hingga dewasa pernah memakannya. Buah yang berbentuk lonjong ini kerap dijadikan sayuran, baik sayur lodeh, terong sambal atau terong goreng. Rasanya sedikit gurih dan lumayan enak. Namun banyak yang belum menyadari bahwa ternyata terong memiliki segudang manfaat yang sangat baik untuk kesehatan dan kecantikan.

Terong sebenarnya terdiri dari beragam jenis, baik bentuk, warna dan ukuran juga bervariasi. Namun keseringan orang mengkonsumsi terong yang berwarna ungu. Terong awalnya berasal dari India, kemudian menyebar luas ke berbagai negara termasuk Indonesia. Terong sangat mudah ditemukan dan harganya sangat terjangkau. Hal tersebut dikarenakan tanaman terong mudah tumbuh dan cepat berbuah, bahkan tidak sulit untuk mengurusnya.

manfaat terong ungu

Gambar ilustrasi

Sayangnya masih banyak orang awam yang keliru dengan menganggap terong tidak bagus untuk laki-laki karena dapat menurunkan syahwat. Padahal anggapan tersebut sama sekali tidak benar. Justru terong mengandung banyak nutrisi yang diperlukan tubuh dan sangat bagus dikonsumsi untuk menunjang kesehatan tubuh. Tak heran bila vegetarian senang memasukkan terong dalam menu hariannya.

Kandungan Nutrisi Terong

Dibalik manfaatnya yang luar biasa, terong mengandung berbagai nutrisi yang sangat diperlukan oleh tubuh. Terong mengandung serat, vitamin A, B, C, E dan vitamin K, serta triptophan dan folat. Beberapa mineral seperti tembaga, kalsium, magnesium, mangan, fosfor dan kalium juga bisa kita temukan pada sayuran ini. Senyawa-senyawa tersebut sangat penting dan dibutuhkan oleh tubuh meski dalam jumlah yang sedikit.

Selain vitamin dan mineral, terong juga mengandung senyawa nasunin, yaitu senyawa antioksidan yang ditemukan pada kulit terong. Untuk vitamin B sendiri lebih spesifik lagi yaitu vitamin B1 (tiamin), vitamin B2 (riboflavin) dan vitamin B3 (niacin). Vitamin tersebut larut dalam air, dan memiliki banyak khasiat bagi tubuh.

Manfaat Terong Ungu

1. Menyehatkan Jantung

Terong dapat membantu menjaga kesehatan jantung karena kandungan kaliumnya. Kalium dapat menstabikan detak jantung dan mencegah retensi cairan sehingga penyakit jantung koroner dapat dihindari.

[ Baca juga : Gejala penyakit jantung ]

2. Menu Sehat Vegetarian

Sebagai vegetarian, tidak banyak menu yang bisa dijadikan pilihan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuhnya. Dengan berbagai kandungan gizi yang cukup banyak, terong dapat dimanfaatkan oleh mereka agar tubuh tidak sampai kekurangan gizi.

3. Meningkatkan Fungsi Otak

Kandungan nutrisi dan fitonutrien berupa nasunin pada terong dapat melindungi membran sel saraf dan otak sehingga dapat terhindar dari kerusakan akibat radikal bebas. Selain itu juga dapat memfasilitasi proses transfer pesan antar sel saraf, dengan begitu fungsi otak akan meningkat. Otak pun jadi lebih mudah digunakan untuk berpikir.

4. Menurunkan Berat Badan

Tubuh yang melar tidak hanya mengurangi kecantikan dan penampilan tubuh, namun juga menjadi sumber berbagai penyakit bagi tubuh. Sayangnya sangat sulit untuk menurunkan berat badan jika sudah terlanjur gemuk. Untuk mengatasinya bisa dicoba dengan mengkonsumsi terong secara rutin. Karena terong mengandung serat dan rendah kalori sehingga mampu mengikat lemak dan membuangnya bersama feses.

[ Baca juga : Cara menurunkan berat badan ]

5. Melancarkan Pencernaan

Jika kamu mengalami kesulitan buang air besar, cobalah untuk mengkonsumsi terong. Kandungan seratnya akan membantu proses pencernaan menjadi lebih lancar dan BAB pun bukan lagi masalah.

6. Mengontrol Kadar Gula dalam Darah

Terong sangat kaya serat, namun rendah karbohidrat. Dengan begitu terong menjadi makanan yang cocok bagi penderita diabetes terutama tipe 2 karena terong dapat mengatur penyerapan glukosa dalam darah.

7. Mencerahkan Kulit

Kulit akan terlihat cerah jika dirawat dan terpenuhi nutrisi yang dibutuhkannya. Untuk menjadikan kulit lebih cerah, kita bisa mendapatkannya dengan memakan terong sebagai menu sayuran. Kandungan vitamin C nya akan menghilangkan kekusaman pada kulit.

[ Baca juga : Cara memutihkan wajah dengan bahan alami ]

8. Melembabkan Kulit Kepala

Sebagai salah satu sayuran yang kaya nutrisi, terong sangat bagus untuk menjaga kesehatan kulit kepala. Terong dapat memenuhi kebutuhan nutrisi di kulit kepala sehingga menjadikannya lebih lembab. Dan hal tersebut tentu akan berdampak pada kesehatan rambut.

9. Mencegah Penuaan Dini

Tanda-tanda munculnya penuaan dini adalah mulai terbentuknya kerutan dan flek hitam pada kulit wajah. Jika dibiarkan hal tersebut tentu akan mengurangi kecantikan wajah. Untuk mengatasinya kita memerlukan vitamin C dan E, dan vitamin tersebut dapat kita peroleh dari sayur terong.

10. Membantu Menghilangkan Kebiasaan Merokok

Merokok tidak hanya membahayakan kesehatan sendiri namun juga orang lain yang ikut menghirup asap rokok tersebut. Untuk berhenti dari kebiasaan tersebut juga sedikit sulit karena rokok dapat menyebabkan kecanduan. Salah satu cara yang patut dicoba yaitu dengan mengkonsumsi buah terong. Karena terong mengandung nikotin walah dalam jumlah yang sangat kecil sehingga lama kelamaan candu pada rokok pun akan terhenti. Tenang saja, karena memakan terong tidak akan memberikan bahaya seperti merokok.

[ Baca juga : Cara menghindari kebiasaan merokok bagi perokok pasif ]

11. Membantu Diet Sehat

Terong dapat mencegah dan menghambat terbentuknya plak-plak lemak di dalam pembuuh darah. Dengan begitu banyak penyakit yang dapat dihindari hanya dengan mengkonsumsi terong.

12. Mencegah Anemia

Anemia atau kekurangan darah dapat menyebabkan tubuh lemas, tidak bergairah, mudah lelah dan terlihat pucat. Meski daam jumlah yang sangat kecil terong mengandung zat besi yang bisa membantu pembentukan sel darah merah.

13. Sebagai Anti Bakteri

Terong juga bisa berkhasiat sebagai anti bakteri dan anti virus, dimana parasit tersebut bisa saja menyerang tubuh dan menyebabkan berbagai penyakit. Tentunya manfaat tersebut bisa kita peroleh jika mengkonsumsinya secara rutin.

14. Meningkatkan Gairah Seksual Pria

Mitos bahwa terong dapat menurunkan nafsu pria tidak lah benar. Justru terong dapat meningkatkan gairah seksual terutama pada pria dikarenakan sifat terong sebagai afrodisiak (membuat bergairah).

15. Membantu Mencegah dan Mengobati Kanker

Kanker sebagai salah satu penyakit mematikan dan sangat ditakuti bisa kita cegah dengan rutin mengkonsumsi terong. Antioksidannya akan mencegah senyawa berbahaya merusak sel tubuh. Bahkan dapat dijadikan menu bagi penderita kanker untuk membantu proses penyembuhannya.

16. Meningkatkan Imunitas Tubuh

Tubuh dengan sisterm imun yang baik akan terhindar dari berbagai penyakit. Karena tubuh selalu dalam keadaan prima sehingga sel-sel dapat bekerja secara optimal. Untuk menjaga imunitas tubuh tetap terjaga kita bisa memanfaatkan terong yang kaya vitamin C.

17. Sumber Antioksidan yang Tinggi

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, terong mengandung senyawa antioksidan yang dapat mencegah berbagai penyakit. Beberapa antioksidan kuat seperti caffeic, asam klorogenat, nasunin dan flavonoid dapat kita temukan pada terong. Jadi jangan ragu untuk menikmati sayur terong sebagai menu makanan pilihan.

18. Memelihara Kesehatan Tulang

Tulang tidak hanya memerlukan kalsium saja, namun sejumlah mineral lain juga dibutuhkan agar tulang selalu dalam keadaan sehat. Tembaga, kalium, dan magnesium dapat membatu memelihara kesehatan tulang. Dan mineral tersebut terdapat dalam sayur terong.

19. Mengontrol Kadar Kolestrol

Bagi penderita kolestrol, wajib memasukkan terong sebagai menu pilihan. Karena terong dapat menurunkan kolestrol yang tinggi sehingga bisa kembali ke kondisi normal.

20. Mencegah Aterosklerosis

Aterosklerosis merupakan penyakit yang memberikan rasa nyeri karena adanya penumpukan lemak pada pembuluh arteri. Kandungan senyawa dalam terong dapat menurunkan kadar lemak tersebut sehingga rasa nyeri akan berkurang.

21. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Kalium tidak hanya menjaga kestabilan kerja jantung namun juga dapat menurunkan tekanan darah tinggi. Rutin mengkonsumsi terong akan memberikan manfaat yaitu normalnya tekanan darah.

22. Meredakan Nyeri Akibat Reumatik

Di Nigeria, untuk meredakan nyeri yang disebabkan penyakit reumatik masyarakatnya memanfaatkan sayur terong. Hal ini dikarenakan terong mengandung senyawa antireumatik.

23. Mengatasi Kulit Kering

Masalah kulit kering tidak boleh disepelekan karena bisa jadi pertanda kurangnya nutrisi yang dibutuhkan oleh kulit. Untuk memberi kelembaban dan nutrisi pada kulit kita bisa mengkonsumsi terong secara rutin.

24. Mengontrol Zat Besi dalam Tubuh

Tubuh kita memang memerlukan zat besi dalam membantu proses pembentukan sel darah merah. Namun jika jumlahnya di dalam tubuh berlebihan akan memberikan dampak buruk bagi kesehatan terutama jantung. Untuk mengatasinya, senyawa nasunin pada terong dapat menetralkan kadar zat besi yang ada dalam tubuh.

25. Meningkatkan Sirkulasi Darah

Peredaran darah akan menjadi lebih lancar jika kita mau memakan terong. Karena kandungan kaliumnya dapat melebarkan pembuluh darah, menghilangkan lemak dan kolestrol jahat sehingga sirkulasi darah menjadi lancar.

26. Mengatasi Gusi Berdarah

Gusi bengkak dan berdarah bisa jadi pertanda tubuh kekurangan vitamin C. salah satu makanan yang dapat memenuhi kebutuhan vitamin C bagi tubuh adalah terong.

27. Menjaga Kesehatan Usus Besar

Terong yang mengandung serat akan melancarkan sistem pencernaan dan buang air besar, sehingga tidak ada kotoran yang menumpuk terutama di kolon atau usus besar. Dengan begitu usus akan menjadi lebih sehat dan terhindar dari kanker usus.

28. Membantu Produksi Energi

Pembentukan energi akan menjadi lebih besar dan cepat. Ha ini disebabkan karena vitamin B dalam terong akan mempercepat pemecahan karbohidrat, lemak dan protein menjadi energi.

29. Menyeimbangkan Hormon

Jika kesehatan tubuh terjaga dan semua aktivitas sel berjalan dengan optimal, maka produksi hormone akan menjadi seimbang. Sehingga semua aktivitas organ tubuh dapat berjalan dengan baik.

30. Menjaga Fungsi Hati

Organ hati sangat penting peranannya dalam membuang racun dalam tubuh. Dengan rutin mengkonsumsi terong kesehatan hati akan selalu terjaga.

31. Mencegah Wasir

Pencernaan yang lancar karena rutin memakan terong akan mencegah timbulnya penyakit wasir. Jadi tidak perlu menahan diri jika ingin mengkonsumsi terong lebih sering.

32. Membantu Proses pembekuan Darah

Terjadinya pembekuan darah untuk menghentikan pendarahan ketika terdapat luka di tubuh dikarenakan adanya vitamin K. Untungnya, vitamin K bisa kita temukan pada terong.

33. Menutrisi Kulit

Kulit membutuhkan asupan vitamin E agar senantiasa halus dan lembut. Agar kulit selalu terjaga kita bisa mengkonsumsi sayur terong.

34. Mendukung Pertumbuhan Janin

Kandungan folat pada terong dapat membantu proses pertumbuhan dan perkembangan janin di dalam perut sang ibu. Jadi sangat bagus mengkonsumsi terong di saat hamil.

35. Merangsang Pembentukan Sel Baru

Vitamin B dan folat juga dapat merangsang pembentukan sel-se baru. dan nutrisi tersebut terdapat pada sayur terong jenis apapun.

36. Detoksifikasi Racun

Riboflavin dalam terong dapat merangsang enzim dalam tubuh untuk mendetoks senyawa kimia berbahaya. Bahkan bahan kimia dari obat-obatan.

Manfaat lainnya :

37. Mencegah Bronchitis

Meski belum ada pembuktian secara ilmiah, terong dipercaya mampu mengatasi dan mencegah penyakit bronchitis pada paru-paru.

38. Menghaluskan Rambut

Nutrisi yang terdapat pada terong dapat memenuhi kebutuhan sel rambut untuk tetap sehat. Melalui folikel rambut, nutrisi tersebut akan menjadikan rambut lebih halus dan lembut.

[ Baca juga : Cara meluruskan rambut keriting secara alami ]

39. Menghilangkan Flek Hitam dan Bekas Jerawat

Masalah pada kulit wajah berupa flek hitam dan bekas jerawat pun bisa diatasi dengan memanfaatkan terong. Hal tersebut dikarenakan vitamin C dan senyawa antioksidan yang tinggi di dalamnya.

[ Baca juga : Cara menghilangkan bekas jerawat ]

Demikian artikel manfaat terong ungu yang bisa disajikan. Setelah membaca tulisan ini tidak akan ada lagi yang memandang terong sebelah mata. Semoga informasi di atas dapat memberikan wawasan baru dan bermanfaat bagi orang lain.

Loading...
106 Shares
Share106
+1
Pin
Tweet