20 Manfaat Timun Suri Bagi Kesehatan Yang Tidak Terduga

Manfaat Timun Suri – Timun suri biasanya banyak dijual saat bulan puasa, karena buah satu ini memang sangat pas disajikan dalam minuman segar untuk berbuka puasa. Timun suri merupakan buah dari tanaman labu-labuan, dan bentuknya juga sangat mirip seperti labu atau semangka. Hanya saja timun suri memiliki kulit yang berwarna kuning dan bentuknya lebih panjang. Buah ini termasuk buah musiman, meski bisa ditemukan kapan saja, timun suri lebih mudah ditemukan saat bulan puasa.

Timun suri memiliki kandungan air yang cukup banyak. Daging buahnya lembut dan sangat mudah dicerna jika buahnya sudah benar-benar matang. Buah ini sangat cocok dijadikan menu berbuka puasa karena kandungan nutrisinya yang cukup tinggi. Jadi dapat menggantikan asupan nutrisi yang tidak bisa kita penuhi di siang hari. Jadi orang-orang mencari timun suri bukan hanya untuk mendapatkan kenikmatannya saja, melainkan khasiatnya yang cukup banyak untuk kesehatan.

manfaat timun suri

Kandungan Nutrisi Timun Suri

Timun suri dapat memberikan banyak manfaat bagi tubuh karena mengandung banyak sekali nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Beberapa kandungan nutrisi dalam timun suri antara lain kandungan air yang melimpah, karbohidrat, lemak, protein, serat, glukosa, asam linoleat, fruktosa, kalium, potasium, magnesium, saponin, kalsium, fosfor, vitamin A dan vitamin C.

Mungkin masih banyak yang belum tahu dengan kandungan nutrisi timun suri, dan hanya sedikit manfaat yang diketahui masyarakat. Karena itu dalam artikel kali ini kita akan membahas manfaat timun suri secara lengkap baik untuk kesehatan tubuh hingga kecantikan kulit.

Manfaat Timun Suri bagi Kesehatan

1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Timun suri mengandung antioksidan yang dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh dan membantu melindungi tubuh dari serangan senyawa radikal bebas. Antioksidan berupa vitamin C dapat meningkatkan imunitas tubuh secara alami sehingga kita tidak gampang sakit. Senyawa antioksidan dalam timun suri dapat mengikat radikal bebas dan menguraikannya sehingga sel tubuh dapat terlindungi dari kerusakan.

2. Menyehatkan Mata

Buah blewah yang mengandung vitamin A tentu memiliki khasiat yang cukup besar dalam menjaga kesehatan mata. Jika kita rutin mengkonsumsi timun suri, kita juga bisa mencegah terjadinya rabun mata. Kandungan asam askorbat dalam timun suri juga dapat mengurangi tingkat retensi air, jadi jika mata sedang membengkak kita bisa menggunakan timun suri untuk mengatasinya.

[ Baca juga : 3 Penyakit mata yang bisa dialami si pemakai lensa kontak ]

3. Melancarkan Sistem Pencernaan

Manfaat timun suri dalam melancarkan sistem pencernaan sudah tidak perlu diragukan lagi. Hal tersebut dikarenakan kandungan seratnya yang mampu mengikat lemak bahkan yang telah menumpuk di dinding usus. Selain itu kandungan air dari timun suri juga dapat membantu mencerna makanan sehingga lebih cepat hancur sehingga nutrisinya bisa langsung diserap oleh tubuh. Buah ini juga membantu melancarkan buang air besar dan mencegah penyakit sembelit.

4. Mencegah Penyakit Magh

Selain dapat melancarkan sistem pencernaan, timun suri juga sangat bagus dikonsumsi untuk mencegah seseorang terkena penyakit magh. Bahkan saat seseorang mengalami tukak lambung, timun suri bagus dikonsumsi untuk membantu meredakan penyakit tesebut. Kandungan nutrisi dan antioksidan dalam timun suri akan mengurangi infeksi sekaligus melapisi dinding lambung agar tidak mengalami tukak lambung lagi.

5. Membantu Proses Detoksifikasi Tubuh

Tubuh secara alami akan mendetoks dirinya sendiri dari senyawa kimia dan racun yang masuk ke dalam tubuh. Namun proses tersebut berjalan dengan lambat dan terkadang racun atau senyawa kimia tersebut telah menumpuk sehingga sulit untuk dibuang. Dengan bantuan buah blewah yang kaya antioksidan, serat dan air tubuh dapat mengeluarkan racun tersebut lebih cepat sehingga proses detoksifikasi berjalan lebih optimal.

6. Sebagai Anti Kanker

Sama seperti buah lainnya yang mengandung antioksidan, timun suri juga dapat mencegah munculnya sel kanker di dalam tubuh. Sel kanker dapat muncul jika tubuh dimasuki senyawa karsinogen seperti zat kimia dari makanan. Jika tidak segera dibuang senyawa tersebut akan mengganggu aktivitas sel dan terbentuklah sel kanker. Jika kita rutin mengkonsumsi timun suri maka senyawa berbahaya yang masuk ke dalam tubuh akan dibuang sehingga buah ini bisa dijadikan sebagai anti kanker alami.

7. Menjaga Kesehatan Ginjal

Kesehatan ginjal memang sangat perlu diperhatikan karena ginjal merupakan organ penting dalam menyaring darah agar menjadi bersih serta membuang zat sisa bersama dengan urin. Salah satu upaya yang bisa kita lakukan untuk menjaga kesehatan ginjal adalah dengan mengkonsumsi timun suri. Karena timun suri dapat mencegah terbentuknya batu ginjal dan membantu ginjal menjalankan fungsinya dengan kandungan airnya yang cukup banyak. Pengeluaran urin pun menjadi lebih lancar sehingga kita dapat terhindar dari infeksi saluran kemih.

8. Meningkatkan Daya Ingat

Siapa sangka buah yang tidak begitu dipopulerkan ternyata dapat membantu meningkatkan daya ingat baik pada anak maupun orang dewasa. Hal ini dikarenakan berbagai nutrisi penting yang dikandung timun suri dapat meningkatkan fungsi syaraf. Selain itu antioksidannya yang tinggi juga dapat melindungi otak dari kerusakan akibat senyawa radikal bebas.

9. Baik untuk Penderita Diabetes

Penyakit diabetes dapat membatasi penderitanya untuk mengkonsumsi makanan termasuk buah-buahan tertentu. Namun tidak perlu khawatir jika penderita diabetes mengkonsumsi timun suri karena kandungan gula buah dalam timun suri tidak membuat gula darah naik. Selain itu kandungan karbohidratnya juga termasuk karbohidrat kompleks sehingga lebih aman dikonsumsi oleh penderita diabetes.

Loading...

[ Baca juga : 5 Gejala diabetes yang harus diwaspadai ]

10. Menetralkan Kadar Kolesterol

Pola makan yang kian instan dan penuh dengan kandungan lemak dan minyak saat ini memang sudah menjadi tren, bahkan sangat sulit kita hindari. Tentunya makanan tersebut tidak baik dikonsumsi karena dapat meningkatkan kadar kolesterol di dalam darah. Untuk menetralkan kembali kadar lemak di dalam darah kita bisa mengkonsumsi buah timun suri yang dijadikan minuman segar. Namun lebih efektif jika dikonsumsi tanpa es, karena sifat dingin dari es dapat menghambat metabolisme lemak dan kolesterol sulit untuk dikurangi.

[ Baca juga : Tips cara menurunkan kolesterol secara alami ]

11. Mencegah Tekanan Darah Tinggi

Timun suri berkhasiat dalam mengendalikan kadar kolesterol di dalam tubuh, karena itu buah ini juga sangat bagus dikonsumsi untuk mencegah terkena penyakit tekanan darah tinggi. Kolesterol dipercaya menjadi penyebab utama tekanan darah naik karena kolesterol dapat membuat pembuluh darah menjadi sempit. Jika kolesterol bisa dinetralkan maka pembuluh darah kembali lebar dan tekanan darah pun menjadi stabil.

12. Menjaga Kesehatan Jantung

Kesehatan jantung erat kaitannya dengan kadar kolesterol dalam darah dan tekanan darah tinggi. Jika tubuh kelebihan kolesterol bisa dipastikan kondisi jantung juga sedang tidak prima. Apalagi jika disertai dengan tekanan darah yang tinggi, maka jantung bisa mengalami gangguan. Untuk mengatasinya tentu saja kita bisa menggunakan timun suri yang dijadikan menu harian agar kesehatan jantung dapat terjaga dengan baik. terlebih timun suri mengandung asam linoleat yang sangat bagus untuk melindungi jantung dari penyakit berbahaya.

[ Baca juga : 5 Gejala ini muncul sebulan sebelum serangan jantung ]

13. Membantu Program Diet

Bagi yang sedang menjalani program diet untuk mengatasi berat badan berlebih, ada baiknya jika memasukkan timun suri ke dalam menu harian diet Anda. Karena timun suri sangat banyak mengandung serat dan juga air yang berperan penting dalam membantu mendapatkan tubuh ideal. Serat akan  memberikan rasa kenyang lebih lama sehingga dapat menunda lapar, dan air akan merontokkan lemak diperut sehingga lemak yang menumpuk akan segera berkurang.

Baca juga :

14. Memperbaiki Sel yang Rusak

Sel secara alami akan menjadi tua hingga kemudian hancur agar dapat digantikan oleh sel yang baru. Namun karena adanya senyawa kimia yang masuk ke dalam tubuh sel dapat mengalami kerusakan lebih cepat sehingga dapat mempengaruhi kesehatan tubuh. Buah blewah yang kaya nutrisi dan antioksidan menjadi pilihan yang tepat untuk membantu mengatasi kerusakan sel dan memperbaikinya sehingga bisa menjalankan fungsinya dengan baik.

15. Sumber Energi Darurat

Anda mungkin pernah mengalami kekurangan energi di tengah beraktivitas padahal jadwal makan masih cukup lama. Nah, untuk mengganjal perut sekaligus mendapatkan asupan energi sebelum makan siang tiba, kita bisa memanfaatkan timun suri yang mengandung serat, glukosa dan fruktosa. Serat akan memberikan rasa kenyang sementara glukosa dan fruktosa mudah sekali larut sehingga bisa langsung diserap dan diubah menjadi energi.

16. Menyehatkan Gigi dan Mulut

Timun suri juga memiliki peranan dalam membantu menjaga kesehatan mulut dan gigi. Saat kita mengunyah daging buah timun suri, air liur secara otomatis akan diproduksi sehingga dapat menetralkan kondisi asam dalam rongga mulut. Dengan mengkonsumsinya secara rutin maka kesehatan gigi dan mulut akan terjaga.

[ Baca juga : Cara menghilangkan bau mulut secara alami ]

17. Mengatasi Nyeri Sendi

Semakin bertambahnya usia tentu persendian tidak sekuat saat masih muda. Keseringan orang tua mengeluhkan rasa nyeri pada sendinya, termasuk masalah encok dan reumatik. Untuk mengurangi rasa nyeri tersebut, timun suri yang mengandung berbagai mineral dapat dijadikan solusi sebagai bahan alami yang dapat mengatasi nyeri sendi.

18. Menguatkan Tulang

Salah satu kandungan terbaik dari timun suri adalah kalsium dan magnesium, yang memiliki peranan penting terhadap kekuatan dan kesehatan tulang. Kalsium merupakan mineral penyusun tulang sementara magnesium membantu penyerapan kalsium lebih maksimal. Karena itu timun suri dapat dikonsumsi setiap hari untuk membantu menjaga kesehatan dan kekuatan tulang.

19. Melepaskan Dahaga dan Mencegah Dehidrasi

Timun suri mengandung air yang dapat memenuhi kebutuhan cairan tubuh terutama saat berbuka puasa. Selain itu buah ini sering dijadikan minuman segar sehingga sangat membantu menghilangkan dahaga dan mencegah terjadinya dehidrasi. Setelah seharian menahan haus di kala puasa, timun suri akan dengan cepat memenuhi kebutuhan cairan tubuh.

20. Menyehatkan Rambut, Kulit dan Kuku

Selain bermanfaat dalam mendukung kesehatan tubuh, timun suri juga sangat bagus dikonsumsi untuk mempertahankan kecantikan dan kesehatan pada rambut, kulit dan kuku. Berbagai nutrisi yang terkandung di dalam timun suri termasuk antioksidan sangat berperan dalam mencegah kerusakan sekaligus memenuhi kebutuhan nutrisi akan rambut, kulit dan kuku. Terutama kandungan silica di dalamnya yang membuat rambut lebih bervolume dan kuku lebih sehat.

Nah, itulah manfaat timun suri bagi kesehatan yang tidak terduga, karena buah ini hanya muncul saat bulan puasa saja dan jarang ada yang mencarinya di bulan biasa. Dengan mengetahui manfaat tersebut kita tidak lagi menyepelekannya dan lebih sering mengkonsumsinya.

Loading...
1 Shares
Share1
+1
Pin
Tweet