30 manfaat tomat untuk kesehatan dan kecantikan

Manfaat tomat untuk kesehatan dan kecantikan – Dari sekian banyak sayuran dan juga buah, tomat merupakan salah satu bahan yang paling disukai dan tidak disukai oleh banyak orang. Tomat, bisa dikatakan buah karena kandungan yang ada di dalam tomat tersebut mirip dengan banyak kandungan pada buah-buahan. Selain itu tomat termasuk sayur-sayuran karena fisiologis yang sama dengan sayur-sayuran yang banyak disamakan sehingga digolongkan sebagai sayur juga.

Tomat atau biasa disebut Solanum lycopersicum sering dimanfaatkan sebagai jus, atau tambahan dalam berbagai masakan. Tak jarang juga tomat digunakan sebagai saus dan menjadi pelengkap berbagai makanan. Termasuk makanan Indonesia. Adapaun manfaat untuk kesehatan dan kecantikan adalah :

30 Manfaat luar biasa tomat untuk kesehatan & kecantikan

manfaat tomat

Gambar ilustrasi

1). Mengatasi kulit yang berminyak

Tomat merupakan bahan alami yang terkenal sebagai bahan untuk kecantikan dan mengobati berbagai macam masalah yang ada pada wajah. Salah satunya adalah tomat digunakan untuk mengobati wajah yang berminyak atau kulit berminyak. Pada kulit berminyak banyak masalah yang muncul seperti jerawat dan juga pori-pori membesar. Karena  tomat mengandung bahan seperti likopen dan vitamin C yang berguna untuk anti kuman dan juga mencegah iritasi pada kulit berminyak. Gunakan beberapa potong tomat dan tempelkan pada wajah, setelah itu bilas dan lakukan setiap pagi dan malam selama satu minggu penuh.

2). Mencegah komedo di wajah

Selain untuk menghindari masalah wajah seperti masalah kulit, maka ada baiknya menggunakan tomat. Karena mengandung vitamin C dan lemak jenuh yang kecil maka ketika dilakukan pengolesan pada wajah akan membantu mengurangi dan menghilangkan komedo yang menumpuk di wajah. Terutama jika wajah sering terkena matahari dan debu diluar serta mengalami kegiatan yang tinggi di luar maka ada baiknya mengoleskan tomat ketika hendak tidur malam atau pagi hari.

3). Meningkatkan produksi ASI ibu

Karena likopen yang terkandung maka tomat bisa menjadi sama fungsinya dengan daun katuk, yakni bisa meningkatkan kualitas dan produksi dari ASI ibu. Selain itu, jika mengonsumsi tomat maka produksi ASI akan berkualitas dan juga menutrisi bayi yang disusui. Karena manfaatnya itulah maka ibu yang baru melahirkan ada baiknya mengonsumi makanan dengan olahan tomat sebagai bahan utamanya.

[ Baca juga : Cara meningkatkan produksi ASI secara alami ]

4). Mengurangi rasa sakit

Karena mengandung bahan seperti bioflavonoid dan  juga karetonoid yang bisa mengurangi rasa sakit. Maka bagi anda yang sedang sakit atau mengalami luka ada baiknya mengonsumis tomat untuk pemulihan yang lebih cepat dari dalamtubuh. Tomat juga bisa meringankan rasa sakit di punggung dan juga bisa mengatasi nyeri seperti nyeri sendi dan arthritis. Karena kandungan kedua itulah ada baikmnya anda mengonsumsi tomat jika mengalami rasa sakit atau kronis.

5). Mengurangi darah tinggi

Darah tinggi merupakan penyakit yang banyak terjadi karena banyaknya sodium yang dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Sedangkan tomat mengandung potasium yang bisa membantu mengurangi sodium. Konsumsi tomat juga bisa membantu untuk menurunkan darah tinggi termasuk darah tinggi atau hipertensi yang terjadi akibat adanya gaya hidup yang salah. Konsumsi tomat atau jus tomat dengan rutin setiap hari hingga tekanan darah kembali normal.

Baca Juga :  5 Manfaat buah pepaya untuk kesehatan

6). Mencegah penyakit jantung

Karena adanya kandungan potasium maka akan mengurangi terjadinya hipertensi dan penyebab komplikasi terjadinya penyakit jantung. Selain itu adanya kandungan serat, kalium dan vitamin C sedangkan kolin merupakan bagian yang dikandung oleh tomat. Bisa mencegah terjadinya jantung dan penyakit berbahaya lainnya. Terutama penyakit kronis yang bisa mematikan dan membunuh penderitanya.

[ Baca juga : Gejala penyakit jantung ]

7). Menurunkan berat badan

Menurunkan berat badan merupakan hal yang paling diinginkan oleh para wanita. Nah, ternyata salah satu yang bisa mendukung penurunan berat badan dengan mengkonsumsi tomat secara rutin. Tomat mengandung bahan berserat dan banyak air, sehingga tomat bisa mengisi perut dengan cepat dan menyebabkan tubuh cepat kenyang. Selain itu, kalori dan lemak yang terkandung didalamnya berukuran tidak terlalu banyak. Sehingga tomat tidak akan menggendutkan badan, justru konsumsi tomat dengan baik tanpa gula dan es. Maka tomat justru bisa menurunkan berat badan.

[ Baca juga : Cara menurunkan berat badan ]

8). Mencegah kanker pada tubuh

Kanker merupakan penyakit yang paling banyak ditakuti oleh banyak  orang termasuk masyarakat Indonesia. Tomat bisa digunakan untuk mengurangi kemungkinan penyakit kanker. Tomat mengandung likopen yang bisa mengurangi risiko terutama kanker pankreas. Kanker mungkin terjadi karena penurunan dari orang tua atau kesalahan pada gaya hidup penderita tersebut. Konsumsi dengan rutin jus tomat tanpa penampahan apapun, maka anda akan merasakan efeknya.

9). Dimanfaatkan sebagai tabir surya

Tabir surya merupakan bahan yang dimanfaatkan untuk melindungi diri dari sinar matahari yang sangat tinggi dan juga intensitas yang menyebabkan kulit hitam dan mengalami iritasi. Tomat sendiri bisa dimanfaatkan untuk melindungi kulit dengan kandunga likopen pada tomat. Sehingga bisa melindungi kulit sensitif terhadap kerusakakan sinar UV. Selain itu peradangan pada kulit bisa ditambahkan dengan yogurt dan dioleskan pada kulit yang sedang meradang.

[ Baca juga : Manfaat menggunakan tabir surya ]

10). Mengatasi kerontokan

Rontok biasanya terjadi pada tubuh dan rambut. Rontok terjadi karena berbagai sebab seperti stress dan juga kesalahan produk yang digunakan pada bagian rambut. Kerontokan terjadi juga karena kurangnya asupan sehat yang dikonsumsi. Tomat merupakan makanan yang mengandung vitamin A, sehingga bisa mencegah kerontokan. Tomat yang tentunya mengandung vitamin A sangat banyak maka bisa mengatasi kerontokan dari dalam. Anda juga bisa mengoleskan tomat pada kulit kepala langsung secara rutin.

[ Baca juga : Cara mengatasi rambut rontok ]

11). Mencegah terjadinya jerawat

Jerawat menjadi masalah kecantikan selanjutnya yang dikhawatirkan banyak wanita. Termasuk salah satunya mungkin anda. Mencegah jerawat dengan menggunakan tomat bisa dilakukan karena tomat mengandung vitamin E yang berfungsi untuk mencegah jerawat di kulit wajah. Gunakan tomat dengan menggunakan masker seperti halnya buah mentimun dan juga buah lainnya.

ladyfem

[ Baca juga : Cara menghilangkan jerawat ]

12). Mengurangi kadar lemak dalam tubuh

Dalam tubuh terkandung dua jenis lemak, seperti lemak jenuh dan tidak jenuh. Lemak yang jenuh menyebabkan banyak penyakit dan juga bermasalah dalam tubuh. Selain itu, lemak tak jenuh memang berguna untuk pembakaran dan juga  metabolisme yang dimanfaatkan tubuh. Tomat merupakan buah yang mengandung lemak tak jenuh dan protein yang tinggi serta karbohidrat. Sehingga bagi anda yang membutuhkan asupan lemak dan juga metabolisme tanpa harus terkena asupan lemak jenuh.

Baca Juga :  Manfaat lendir Siput (Bekicot) untuk kecantikan

13). Membentuk otot tubuh

Tubuhyang membutuhkan otot ternyata bisa digunakan untuk membentuk otot. Tomat yang mengandung karbohidrat dan protein yang bagus dan membentuk otot. Selain dengan olahraga yang rutin, konsumsi tomat baik berupa makanan olahan atau jus tomat dengan rutin. Dibarengi dengan telor atau roti saat sarapan, maka makanan penuh dengan asupan yang lengkap.

14). Penangkal radikal bebas

Tomat mengandung zea-xanthuin yang bisa membantu menangkal radikal bebas. Selain itu radikal bebas memang cukup berbahaya karena memungkinkan yang terpapar semakin lama terkena penyakit seperti kulit dan juga terkena kanker. Maka tomat yang mengandung bahan tersebut, tomat bisa mencegah radikal bebas. Buah tomat bisa dimanfaatkan sebagai  makanan atau bisa digunakan atau dioleskan pada tubuh.

15). Menyehatkan mata

Karena tomat mengandung bahan vitamin A,maka hal tersebut akan berpengaruh pada kandungan yang bisa bermanfaat bagi tubuh khususnya bagian mata. Seperti halnya buah atau sayur pada wortel, maka ada baiknya jika anda sakit mata konsumsi wortel dan tomat secara bergantian.

16). Mengontrol gula darah

Bagi yang menderita diabetes, makanan manis dan nasi merupakan hal yang dilarang untuk dikonsumsi. Karena dikonsumsipun terbatas maka diaebetes menyebabkan penderita memilih asupan. Namun tomat tidak mengandung gula tinggi maka bisa dikonsumsi penderita diabetes.

[ Baca juga : Gejala diabetes ]

17). Mencerahkan warna kulit

Bagi anda yang ingin putih atau mencerahkan kulit sebaiknya jangan menggunakan bahan yang instan atau terdiri dari bahan kimia. Ada baiknya untuk menggunakan atau memanfaatkan bahan seperti mencerahkan kulit atau menjaga kulit agar tidak kusam. Karena tomat mengandung vitamin C yang bisa membantu mencerahkan kulit. Potongan tomat segar diiriskan dan dioleskan pada tubuh secara rutin setiap hari.

18). Menjaga kulit agar tetap awet muda

Rahasia agar tampil awet muda banyak perempuan adalah menjaga dan merawat kulit dengan bahan alami yang tidak memberikan efek samping membahayakan. Salah satunya adalah tomat. Karena tomat mengandung vitamin C yang menjaga kulit agar terlihat tetap awet muda dan juga kencang. Gunakan tomat dan oleskan secara rutin setiap minggu tanpa henti. Air dari tomat tersebut membantu kulit semakin kencang.

19). Menyegarkan mata

Mata mungkin akan merasa lelah maka tomat bisa dimanfaatkan untuk menyegarkan mata seperti halnya bahan-bahan tetes mata instan. Namun, tomat disini digunakan bukan diteteskan, melainkan irisan tomat ditempelkan pada bagian mata dan tutup mata rapat-rapat. Maka tomat akan membantu mengembalikan kesegaran mata dan juga menghilangkan kantung mata yang mengganggu penampilan setiap wanita.

20). Mencegah rusaknya sel

Jaman sekarang ini, cuaca tidak lagi baik dan juga nyaman. Selain itu, kerusakan sel bisa saja terjadi karena berbagai asupan yang mungkin dianggap salah untuk dikonsumis. Nah, rusaknya sel ini bisa ditangkal dan ditangani oleh tomat. Likopen bisa menolong rusaknya sel karena pada kulit dan tubuh. Tomat mengandung likopen yang banyak.

21). Mencegah kulit terbakar

Beberapa orang yang melakukan penelitian, orang yang menggunakan dan mengonsumsi tomat dan saus tomat dapat tahan dari terbakarnya kulit karena matahari. Jika ingin memanfaatkanya seperti campuran 2 sendok teh tomat dan juga 1 sendok yoghurt dan oleskan di wajah dan juga leher. Setelah itu, tomat dioleskan juga bagian yang sering terpapar matahari.

Baca Juga :  28 Manfaat daun Salam untuk kesehatan & kecantikan

22). Kondisioner alami

Kondisioner merupakan salah satu tambahan produk yang digunakan oleh masyarakat Indonesia bahkan wanita dunia. Kondisioner sering digunakan setelah menggunakan sampo. Nah, tomat bisa diolah dan dimanfaatkan untuk kondisioner. Hancurkan tomat dan oleskan pada rambut, setelah menggunakan sampo yang sudah dibilas. Kandungan tomat seperti vitamin E dan juga vitamin C bisa menutrisi kulit kepala tersebut.

23). Menghilangkan bau kepala

Bau kepala sering terjadi karena rambut tertutup atau terpapar terkena asap dan lain halnya. Tomat bisa menjadi bahan untuk menghilangkan bau kepala. Karena tomat sendiri juga mengandung essens atau beberapa vitamin dan serat yang bisa menjaga wangi kepala.

24). Menguatkan rambut

Rambut membutuhkan nutrisi yang bagus. Seperti halnya bahan yang didapat didalam buah yang bisa menutrisi rambut, maka tomat yang mengandung banyak bahan seperti vitamin, mineral, protein dan juga serat bisa menguatkan rambut yang dioleskan tomat secara teratur. Bukan hanya menghindari kerontokan, melainkan rambut semakin kuat dan juga sehat.

25). Memancarkan kilau rambut

Kilau rambut memang penting karena rambut merupakan mahkota penampilan. Tomat mengandung bahan yang bisa memancarakan kilau rambut. Karena tomat mengandung likopen maka  kandungan tersebut memungkinkan membuat berkilaunya rambut.

26). Membersihkan kotoran rambut

Kulit kepala sering mengalami noda dan juga kotor karena berbagai kegiatan. Nah, bagi anda yang sulit membersihkan kotoran rambut gosok jus tomat secara perlahan dan diamkan selama 20 menit. Setelah itu bilas dengan bersih. Tomat memiliki serat yang baik untuk tubuh sehingga bisa membersihkan kulit kepala dengan mudah.

27). Menghaluskan kulit

Menghaluskan kulit memang tidak mudah. Kandungan tomat yaitu vitamin  E merupakan bahan yang menghaluskan kulit dan juga membuat kulit meregenerasi. Sehingga sel kulit mati akan hilang. Blender tomat dan campurkan dengan madu secukupnya, setelah itu buat tomat menjadi bentuk pasta tebal. Maka setelah itu tomat yang sudah halus oleskan pada kulit. Jika sudah bersihkan kulit dan juga membersihkan dengan sabun.

28). Memutihkan kulit tubuh

Kulit tubuh bisa diputihkan dengan tomat. Tomat mengandung likopen dan juga vitamin E yang bisa memutihkan dan mencerahkan kulit tubuh. Campurkan ketiga bahan seperti tomat, oatmeal dan yoghurt lalu campurkan dan oleskan. Bisa juga menambahkan susu untuk memutihkan kulit tubuh.

29). Merawat kulit

Tomat bisa digunakan untuk merawat kulit atau menjaga kulit agar tetap bagus dan kencang. Merawat kulit bisa dilakukan dengan jus tomat yang mengandung antioksidan. Proses penuaan bisa dikondisikan oleh tomat yang dioleskan pada tubuh atau wajah. Tomat juga mengatasi eksim, kering wajah dan juga psoriasis dengan baik.

30). Pendingin perut

Tomat memiliki kandungan air yang sangat banyak dan baik. Maka tomat bisa dimanfaatkan sebagai pendingin perut, terutama setelah mengonsumsi makanan yang membuat perut tidak nyaman seperti makanan kolesterol atau makanan yang menggunakan bakar-bakaran.

0 Shares
Share
+1
Pin
Tweet