30 Manfaat Wortel untuk kesehatan & kecantikan

Manfaat Wortel untuk kesehatan dan kecantikan – Wortel merupakan salah satu sayuran yang sering dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Wortel biasanya diolah menjadi sayur, acar untuk campuran makanan dan juga wortel yang di potong tipis untuk campuran salad yang segar. Wortel juga sering dimasak seperti tumisan, atau dicampur bersama tepung dan digoreng jika di Indonesia. Rasa wortel yang manis dan menyehatkan banyak dijual dan dijadikan makanan. Namun, banyak juga masyarakat yang tidak menyukai wortel. Bukan karena rasanya yang tidak enak, melainkan bau khas dari wortel itu sendiri yang cukup mengganggu. Serta teksturnya yang aneh ketika dimasak, menjadikan beberapa orang menghindari wortel.

Padahal jika dilihat, sangat banyak manfaat yang bisa didapatkan dari satu buah wortel saja. Apa saja manfaatnya bagi kesehatan dan kecantikan ? Berikut ulasannya.

30 Manfaat wortel yang luar biasa

manfaat wortel

Gambar ilustrasi

1). Menyehatkan Mata

Menyehatkan mata merupakan manfaat pertama yang sudah tidak asing lagi dari wortel. Sudah banyak orang tahu bahwa wortel merupakan sayuran yang berisi lebih dari 50% terkandung vitamin A. Fungsi vitamin A sendiri menutrisi kesehatan mata dan menjaga dari penyakit yang menyerang. Memang umumnya wortel dianggap untuk menyehatkan mata atau mengobati seperti rabun saja. Namun nyatanya, wortel juga bisa menghindari mata dari kanker, glukoma dan juga astigmatisma. Tidak hanya penyakit rabun seperti yang banyak orang bilang.

2). Menghindari kanker payudara

Kenapa konsumsi wortel bisa menghindari kanker yang berbeda. Itulah fungsi dan manfaat lebih pada wortel. Kanker payudara bisa berkurang hingga 17-18% karena wortel mengandung banyak hidrat arang dan juga fosfor. Dengan begitu jaringan yang bisa mengikat payudara yang membahayakan, bisa berkurang bahkan menggugur. Anda bisa mengonsumsi secara rutin terutama bagi para wanita. Konsumsi wortel sebagai jus setiap harinya tanpa gula, dan bisa diganti dengan madu.

[ Baca juga : Cara meningkatkan ASI ]

3). Mengurangi resiko kanker usus besar

Kanker usus besar merupakan kanker yang membahayakan. Karena menyerang organ vital dalam sistem pencernaan yakni usus besar. Kanker usus besar bisa dicegah dengan wortel yang mengandung bahan seperti zat falcarinol dan zat falcarindol. Zat ini bisa digunakan untuk mengurangi terjadinya akar dari penyakit jamur, akar ini bisa mengikat jaringan sehat pada manusia. Untuk itu, kanker usus besar kemungkinan bisa dihindari jika mengonsumsi wortel secara rutin.

4). Mengurangi penyakit jantung

Penyakit kronis lainnya yang bisa dikurangi dengan wortel adalah jantung. Mengonsumsi 5-6 wortel setiap minggunya ternyata membuat zat antioksidan dalam tubuh bekerja dan menghindari sakit jantung dengan sangat cepat dan baik. terutama bagi anda yang sudah terdeteksi memiliki penyakit jantung, ada baiknya mengonsumsi wortel secara rutin.

[ Baca juga : Gejala penyakit jantung ]

5). Meningkatkan sistem imun tubuh

Wortel mengandung vitamin C yang cukup tinggi. Seperti halnya pada makanan sehat lain, vitamin C tentu berguna untuk menaikan imun tubuh agar terus sehat dan terhindari dari penyakit. Selain vitamin c, wortel juga mengandung zat antioksidan yang bisa menaikan imun tubuh. Tentunya untuk melindungi dari radikal bebas atau paparan polusi yang berbahaya.

Baca Juga :  30 Manfaat Jeruk Nipis untuk kesehatan & kecantikan

6). Janin dalam kandungan

Janin dalam kandungan membutuhkan nutrisi yang sangat baik. maka beberapa makanan sangat disarankan untuk anda yang sedang hamil. Salah satunya adalah wortel yang baik untuk janin. karna wortel mengandung vitamin A yang ternyata baik untuk perkembangan janin, dan menguatkan rahim. Janin juga akan tahan terhadap penyakit dan ketika sang ibu sakit, maka bayi dalam rahim tersebut akan tetap kuat dan aman.

7). Meningkatkan memotri pada otak

Memori pada otak akan meningkat tajam dengan mengonsumsi makanan seperti ikan atau makanan berprotein tinggi. Ternyata tidak hanya makanan itu saja, namun wortel yang mengandung vitamin B dapat meningkatkan memori pada otak. Sehingga wortel sangat baik dikonsumsi untuk anak-anak.

8). Menjaga sistem pencernaan

Sistem pencernaan merupakan sistem yang dianggap vital. Karena rasa sakitnya akan langsung terasa, seperti sembelit, maag bahkan diare. Sistem pencernaan bisa dijaga dengan mengonsumsi makanan seperti wortel yang mengandung vitamin B dan juga serat yang sangat baik. konsumsi secara baik dan rutin selama satu minggu sebanyak 4 -5 biji. Baik disup dengan sayur atau di jus.

9). Mencegah diabetes

Wortel nyatanya mengandung vitamin K yang sangat baik untuk menjaga kadar gula darah. Rasanya yang manis pun tidak perlu menambahkan gula pada minuman atau makanan dengan bahan utama wortel. Nah, beberapa dari anda yang dinyatakan sebagai penderita diabetes, bisa mengonsumsi wortel.

[ Baca juga : 5 Gejala diabetes ]

10). Mencegah penuaan dini

Biasanya tips mencegah penuaan dini sangat disukai oleh wanita. Nah, hal ini bisa dimanfaatkan dengan cara mengonsumsi bahan makanan salah satunya wortel. Vitamin A yang terkandung ternyata bisa mencegah penuaan dini pada pengonsumsinya.

11). Memperkuat tulang dan tubuh

Vitamin K terkenal sebagai fungsinya yang bisa mendukung tulang dan tubuh semakin kuat. Nah, wortel sangat jelas mengandung vitamin K cukup banyak. Sehingga bagi anda yang sudah memasuki usia lanjut, ada baiknya untuk mengonsumsi wortel secara rutin.

12). Mencegah penyakit stroke

Zat antioksidan pada wortel bisa mengurangi resiko jantung, begitu juga penyakit stroke. Penyakit ini terjadi karena adanya saraf yang bermasalah sehingga anggota tubuh tidak bisa bekerja dengan baik. penyakit stroke juga biasanya terjadi karena tingginya tekanan darah yang dialami atau komplikasi diabetes. Manfaatkan wortel dengan mengonsumsinya selama 3 hari sekali dan dilakukan secara rutin.

13). Menjaga kesehatan kulit

Vitamin C pada wortel nyatanya sama seperti pada buah atau vitamin yang lainnya. Vitamin C bisa menjaga kesehatan kulit dan menyamarkan noda atau flek hitam pada kulit. Sehingga bagi anda yang ingin menjaga kesehatan kulit, jangan mencoba menyuntik instan kandungan vitamin. Namun usahakan rutin mengonsumsi buah-buahan atau sayur salah satunya adalah wortel.

ladyfem

[ Baca juga : Cara merawat wajah dengan masker alami ]

14). Mencegah radang sendi

Penelitian menunjukkan bahwa tingkat rendah beta karoten dan vitamin C adalah faktor risiko tinggi untuk rheumatoid arthritis. Rheumatoid arthritis adalah salah satu penyakit yang dialami karena kesalahan imun mengenali organ sebagai benda asing khususnya di bagian sendi. Maka penyakit ini umumnya disebut radang sendi. Wortel yang mengandung vitamin C akan membantu mengurangi sakit radang sendi.

Baca Juga :  39 Manfaat madu hitam untuk kesehatan & kecantikan

15). Melindungi Radiasi

Banyak sekali benda elektronik yang mengeluarkan radiasi cukup tinggi. Bahkan ponsel yang sehari-hari bersama dengan anda memiliki radiasi yang tinggi. Gabungan Beta-karoten, vitamin C dan vitamin E bisa melindungi anda dari paparan radiasi, sehingga anda tidak terkena hal berbahaya layaknya kanker atau paparan radiasi tinggi.

16). Mencegah Asma

Faktanya beta karoten pada wortel bisa menghilangkan resiko kambuhnya asma. Jika anda salah satu penderita asma, seperti diketahui bahwa asma sangat sulit disembuhkan. Nah, anda bisa memanfaatkan wortel untuk mengurangi kambuhan harian atau momen anda. konsumsi secara rutin untuk manfaat yang lebih baik.

17). Mengatasi eksim

Eksim merupakan penyakit kulit yang cukup mengganggu. Nyatanya wortel bisa mengobati gatal pada eksim. Gunakan wortel yang diparut dan kapur sirih, kemudian oleskan pada kulit. Tunggu hingga sari dari wortel meresap ke kulit. Karena wortel mengandung vitamin E dan juga antijamur. Maka akan menolong anda dalam membersihkan kulit. Anda yang menderita eksim juga bisa mengonsumsinya dengan cara merebus wortel dan meminum air rebusannya.

18). Menghindari Cacing Kremi

Cacing kremi sangat ditakutkan terutama banyak ibu yang mengkhawatirkan anak-anaknya salah makan dan menyebabkan cacing kremi hadir. Nah, mengonsumsi wortel dapat menghindari adanya cacing kremi pada tubuh, karena wortel mengandung vitamin C, beta karoten dan juga antioksidan yang baik untuk membunuh. Konsumsi secara rutin, terutama air rebusan wortel tersebut.

19). Pembuangan sisa makanan

Seperti manfaat sistem pencernaan, wortel juga megandung fosfor yang bisa membantu membuang racun dan sisa makanan lebih baik. wortel juga bisa membantu melancarkan anda dalam membuang toksin yang sebelumnya dikonsumsi, baik dari minuman maupun dari makanan. Untuk itulah penting mengonsumsi makanan yang bernutrisi tinggi dan bisa membuang racun, terutama setelah makan-makanan dengan jenis junk food.

20). Keseimbangan hormon

Nyatanya mengonsumsi wortel bisa membantu menenangkan pikiran atau mengendalikan amarah anda. kok bisa ? nah, keseimbangan hormon bisa didapatkan dari fosfor yang jelas terkandung dalam wortel. Jika anda merasa hormon anda sedang tidak baik, konsumsi saja jus wortel di pagi hari.

21). Mencegah Anemia

Wortel mengandung zat besi yang bisa mencegah terjadinya anemia. Anemia merupakan penyakit yang menandakan tekanan darah rendah. Dengan begitu, bagi anda yang memiliki anemia bisa mengonsumsi jus wortel setiap pagi.

22). Dapat mengatur suhu tubuh

Jika anda demam tidak harus selalu memberikan obat instan. Nah, anda ternyata bisa mengonsumsi wortel untuk mengatur suhu tubuh di tempat yang normal. Karena wortel mengandung zat besi yang berfungsi untuk mengatur suhu tubuh. Terutama ketika anda demam. Obat instan tidak baik untuk kesehatan ginjal dan juga mengalami ketagihan ketika mengonsumsi obat kimia. Biasakan untuk mengonsumsi bahan atau makanan alami baik dari hewan maupun dari tanaman.

23). Perbaikan sel

Mengonsumsi makanan yang tepat sangat baik untuk perbaikan sel ketika anda sedang sakit. Wortel mengandung fosfor yang bisa melakukan fungsi tersebut. Perbaikan sel berguna ketika mengalami sakit atau mengalami cidera dan juga penyembuhan pasca sakit. Jika anda sedang sakit dan dalam masa pemulihan, atau mengalami cidera akibat jatuh atau kecelakaan. Bisa menggunakan wortel untuk perbaikan sel dengan cara menjus wortel setiap pagi.

Baca Juga :  30 Manfaat Bengkoang untuk kesehatan & kecantikan

24). Membantu membentuk enzim

Beberapa jenis enzim yang penting seperti seperti myoglobin, cytochrome dan katalase dibentuk dengan bantuan zat besi. Wortel mengandung zat besi sebesar 0,8 miligram. Enzim sangat penting agar tubuh bisa bekerja dan substrat bisa berpasangan dengan enzimnya. Enzim juga mendukung berbagai fungsi kerja organ.

25). Menghindari lemah otot

Dengan kandungan mineral fosfor yang mencukupi di dalam tubuh bermanfaat agar tubuh tetap fit dan aktif. Jumlah fosfor yang normal sekitar 1.200 mg untuk orang dewasa, berdasarkan penjelasan para ahli dan praktisi kesehatan. Walaupun wortel hanya mengandung sepersekian miligram fosfor saja, namun hal tersebut tidak berarti anda tidak bisa mengambil manfaatnya. Mengonsumsi wortel rutin juga membantu berkontribusi nutrisi fosfor sehingga dapat menghindari lemah otot atau lelah otot.

26). Membersihkan darah

Kandungan retinol, dan asam rerinoat yang ada pada vitamin A mampu melancarkan peredaran darah dan meningkatkan kesehatan pembuluh diseluruh tubuh. Kebersihan darah sangat penting agar tidak menimbulkan penyakit. Vitamin A merupakan kandungan terbesar dalam wortel. Maka anda, terutama pria wajib sering mengonsumsi wortel. Karena pria tidak mengalami silklus menstruasi.

27). Menjaga hidung agar tetap bersih

Tidak hanya mata, ternyata vitamin A pada wortel bisa menjaga hidung agar tetap bersih. Bagaimana caranya ? jadi, selaput lendir yang ada didalam rongga hidung agar tetap mampu menyaring oksigen yang kemungkinan membawa partikel kecil yang dihasilkan oleh radikal bebas. bagi anda yang takut akan polusi yang menyerang tiap hari di tempat kerja atau lingkungan tinggal anda. konsumsi wortel untuk membuang toksin dan membantu membersihkan hidung anda.

28). Meningkatkan kualitas sperma

Bagi pria atau suami-istri, kualitas sperma sangatlah penting. Dalam hal ini berarti memiliki arti bahwa kualitas sperma akan menghasilkan janin yang berkualitas juga. Selain itu kualitas sperma bisa didapatkan dari wortel yang mengandung vitamin A sangat banyak. Rutinlah mengonsumsi jus wortel setiap pagi atau malam hari.

29). Memperkuat Rambut dan kuku

Vitamin A dapat memelihara pertumbuhan rambut dan kuku agar menjadi kuat dan tidak mudah rapuh. Vitamin A terkandung pada wortel dan didapatkan bisa membantu memperkuat rambut yang mudah rontok dan kuku dari dalam. wortel yang dikonsumsi secara rutin akan membantu rambut rontok secara bertahap.

[ Baca juga : Cara mengatasi rambut rontok ]

30). Baik untuk menghindari penyakit diare

Anak-anak memang harus diberikan makanan yang bergizi dan bernutrisi tinggi. Dengan begitu anda bisa memberikan wortel yang mengandung vitamin A. Vitamin A sendiri bermanfaat untuk menyembuhkan penyakit campak dan diare pada anak anak dan balita. Diare akan berdampak buruk bagi anak-anak terutama karena akan kehilangan cairan yang cukup tinggi dan dapat menyebabkan dehidrasi.

4 Shares
Share4
+1
Pin
Tweet