30 Manfaat Yoghurt untuk kesehatan dan kulit

Manfaat Yoghurt untuk kesehatan dan kulit – Jaman sekarang ini teknologi tidak hanya bisa digunakan dan menciptakan elektronik yang sangat canggih. Namun makanan dan cara berpakaian atau gaya hidup sudah ikut berkembang menjadi lebih canggih. Sehingga tidak heran jika banyak makanan bermunculan pada masa sekarang ini. Apalagi, banyak masyarakat sekarang kembali menggalakan pola hidup sehat dan makanan sehat untuk kebutuhan sehari-hari mereka. Terutama karena makanan siap saji dan makanan yang berlemak banyak dijajakan dan lebih mudah didapatkan.

Berbicara soal makanan dan minuman sehat, siapa yang tidak suka mengonsumsi yoghurt. Minuman ini merupakan minuman fermentasi dari susu yang memiliki rasa asam dan sedikit tajam namun sangat menyegarkan. Pembuatan yoghurt memang tidak sama dengan minuman lainnya. Karena berasal dari susu dan harus melewati proses yang panjang. Sesuai dengan prosesnya yang panjang begitupun manfaatnya yang sangat banyak, diantaranya adalah :

manfaat yogurt

Gambar ilustrasi

30 Manfaat luar biasa Yogurt untuk kesehatan dan kecantikan

1). Menjaga Tulang

Sesuai dengan bahan alami yoghurt yakni susu, yoghurt pun memiliki banyak kandungan kalsium dan vitamin D yang sangat agus untuk memperkuat tulang pada tubuh anda. mengonsumsi yoghurt bisa membantu menjaga tulang dari berbagai penyakit, termasuk penyakit paling terkenal yakni osteoporosis. Karena banyak manula yang terkena penyakit tersebut, maka baiknya anda mengonsumsi banyak yoghurt untuk kesehatan tulang anda.

2). Melancarkan pencernaan

Yoghurt yang memiliki rasa asam dan segar bisa membantu anda dalam melancarkan pencernaan. Probiotik ternyata bisa melancarkan usus untuk mencerna makanan anda. seperti halnya buah-buahan dan juga makanan fermentasi lainnya. Kandungan probiotik pada yoghurt terhitung sangat banyak. Walaupun termasuk bakteri, namun tidak perlu khawatir karena bakteri yang dimaksud adalah bakteri baik.

3). Menurunkan tekanan darah

Yoghurt mengandung banyak kalium yang berguna bagi penderita hipertensi untuk menurunkan tekanan darahnya tanpa menimbulkan efek samping. Bagi beberapa penderita hipertensi, yoghurt bisa menjadi minuman pengganti jus atau susu di pagi hari. Terutama karena rasanya yoghurt yang asam, akan terasa menyegarkan dan berbeda bagi para penderita hipertensi. Terkadang penderita tekanan darah tinggi merasa tegang dan sesak, sehingga membutuhkan makanan yang menyegarkan.

4). Meningkatkan imun tubuh

Karena mengandung banyak nutrisi termasuk vitamin dan mineral, yoghurt bisa membantu anda dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Tidak hanya itu saja anda juga tidak akan mudah rentan terhadap suatu penyakit, apalagi yang berkaitan dengan virus dan bakteri.

5). Menguatkan sel darah putih

Bahan fermentasi mengandung probiotik, termasuk juga yoghurt. Ternyata probiotik bisa membantu anda dalam menjaga serta menguatkan sel darah putih dalam memerangi penyakit. Hal ini ada kaitannya pada poin sebelumnya yang menguatkan imun tubuh. Sel darah putih memang penting, karena berfungsi sebagai pemakan racun dan juga melawan infeksi yang ada di dalam darah.

6). Mengurangi infeksi jamur

Ternyata jamur dapat membahayakan tubuh dan bisa menginfeksi tubuh kita. Nah, yoghurt bisa menjaga itu semua. Terutama jamur yang menyerang alat vital perempuan. Karena membutuhkan asam yang kuat, konsumsi yoghurt akan berperan penting. Dengan kandungannya yang memiliki anti bakteri dan juga mencegah infeksi jamur dengan asamnya, maka anda jangan khawatir lagi.

7). Menghindari penyakit usus

Bahan-bahan makanan yang difermentasi dengan baik justru melindungi usus dengan baik. penyakit usus sangat dihindari karena akan kesulitan dalam mengobatinya. Namun yoghurt bisa membantu menyembuhkan penyakit usus yang sering menyerang karena kesalahan makanan dan sering mengonsumsi makanan yang menyebabkan luka, misalnya pedas atau asam.

Baca Juga :  39 Manfaat Sarang Semut untuk kesehatan

8). Mengurangi penyakit diare

Walaupun bisa melancarkan pencernaan namun jangan khawatir, faktanya yoghurt bisa mengurangi terjadinya penyakit pada perut karena adanya kultur aktif pada yoghurt. Dengan begitu diare bisa berhenti dan perut mencoba mencerna makanan dengan benar. Sedangkan diare merupakan efek dari salah makan dan cara usus mencerna makanan dengan salah.

9). Menurunkan berat badan

Bagi anda yang diet tenang saja, anda tidak harus selalu mengonsumsi jus jeruk. Ternyata anda bisa mengonsumsi yoghurt sebagai minuman diet anda. yoghurt mengandung bahan seperti vitamin C dan kalium yang membantu membakar lemak yang tersimpan pada tubuh. Bahkan beberapa studi sudah membuktikan bahwa asupan yoghurt bisa membakar lemak.

[ Baca juga : Cara menurunkan berat badan secara alami ]

10). Mengurangi kanker usus besar

Kanker usus besar merupakan salah satu jenis penyakit kanker yang banyak ditakuti oleh masyarakat. Karena usus merupakan organ yang dianggap rentan, maka harus dijaga asupan makanannya. Salah satunya yoghurt yang memiliki kultur aktif sehingga bisa melindungi anda dari terkenanya jaringan yang menyebabkan kanker usus besar.

11). Menjaga sel darah merah

Sel darah merah sama pentingnya dengan sel darah putih. Sel ini harus normal dan harus terjaga. Sel darah merah tidak boleh terlalu banyak ataupun sedikit. Dalam yoghurt terkandung bahan seperti vitamin, seng, yodium, kalsium, kalium, fosfor dan masih banyak lagi yang bisa menutrisi tubuh dan menjaga sel darah merah.

12). Menjaga sistem saraf

Ternyata yoghurt bisa membantu menjaga sistem saraf. Hal ini penting agar sistem saraf dalam tubuh terus bisa bekerja aktif dan merespon apapun yang dibutuhkan. Sistem saraf ini tidak boleh putus atau rusak, karena akan menyebabkan penyakit diantaranya adalah stroke dan juga gangguan saraf seperti kelainan jiwa. Untuk itu anda bisa mengonsumsi yoghurt yang mengandung berbagai nutrisi dan vitamin serta riboflavin. Konsumsi secara rutin setiap harinya.

13). Meringankan kerja pencernaan

Jika anda mengonsumsi baso, atau ayam tepung atau bahkan sirup strawberry. Kerja pencernaan harus ekstra dalam mengolah isi makanan menjadi halus dan juga sempurna. Sedangkan dengan yoghurt, tubuh akan mudah mencerna minuman ini. Bahkan memberikan nutrisi tambahan seperti laktase yang bisa memberikan nutrisi pada usus.

14). Membersihkan kulit

Yoghurt bisa dimanfaatkan untuk membersihkan kulit atau disebut exfoliator. Yoghurt yang memiliki bahan aktif dan juga vitamin C bisa membersihkan kulit dan dijadikan seperti layaknya masker. Gunakan dengan rasa original atau plain, dan aplikasikan setiap 2 hari sekali sebelum tidur.

15). Menyehatkan gigi

Kandungan kalsium dan vitamin D nya tak hanya menyehatkan tulang. Umumnya makanan asam akan membuat gigi keropos, namun tidak untuk yoghurt. Sebaliknya, minuman ini justru sangat baik untuk tubuh dan juga gigi anda. sangat sehat dan terawat jika mengonsumsi yoghurt. Karena kandungannya akan membantu memelihara yogurt anda.

[ Baca juga : Cara memutihkan gigi dengan bahan alami & produk kecantikan ]

16). Menyingkirkan ketombe

Yoghurt nyayanya bisa dimanfaatkan sebagai anti jamur dan anti bakteri yang bagus untuk menghilangkan ketombe pada kulit kepala. Anda bisa menggunakan yoghurt di kulit kepala dimana ketombe tersebut menempel dan anda lakukan secara rutin setiap harinya.

Baca Juga :  30 Manfaat buah naga bagi kesehatan

[ Baca juga : Cara menghilangkan ketombe dengan bahan alami ]

17). Mencegah jerawat

Jerawat timbul karena bakteri dan juga kuman yang ada pada wajah. Selain rasanya enak, ternyata yoghurt bisa membuat wajah tetap cemerlang dan juga membersihkan jerawat. Rasanya yang asam ternyata bisa menghilangkan jerawat karena bakteri pada wajah maupun tubuh.

[ Baca juga : Cara menghilangkan jerawat secara alami ]

18). Menyembuhkan luka bakar

Luka bakar merupakan luka yang agak sulit disembuhkan. Ketika luka bakar baru saja terjadi, bisa saja disiram menggunakan air. Namun lukanya akan menggelembung dan menciptakan seperti balon dengan isi air didalamnya. Beberapa orang lebih memilih untuk menggunakan salep luka bakar karena lebih baik. jika anda tidak memilikinya, sifat dingin pada yoghurt bisa membantu menyembuhkan kulit terbakar. Campurkan yoghurt pada minyak zaitun dan oleskan pada bagian yang terkena luka bakar.

[ Baca juga : Cara menghilangkan bekas luka ]

19). Mengangkat sel kulit mati

Tidak banyak sebuah minuman ternyata bisa mengangkat sel kulit mati. Sel kulit mati merupakan bumerang bagi banyak wanita. Terutama karena sulit untuk menghilangkan kulit mati pada tubuh atau wajah. Vitamin C nya bisa membantu mengangkat sel mati yang ada pada tubuh. Usahakan untuk melakukan scrubing setiap hari.

20). Menghilangkan bau mulut

Selain rasa yang enak, nyatanya yoghurt bisa menghilangkan bau mulut. Terutama karena makanan yang dimakan. Bau mulut bisa hilang karena adanya sifat antibakteri pada yoghurt. Tidak hanya bau mulut, jika rutin maka anda bisa juga menghilangkan bau badan dan menjadi lebih wangi. Yoghurt perlu dikonsumsi setiap hari untuk merubah bau badan atau mulut seseorang.

[ Baca juga : Cara mengatasi bau mulut secara alami ]

21). Menurunkan kolesterol

Yoghurt nyatanya bisa membantu anda untuk menurunkan kolesterol. Karena kandungan asam laktatnya bisa membantu anda menghilangkan kolesterol dan diolah agar tidak diserap atau dicerna oleh usus dan juga dibuang lewat feses. Dengan kandungan seperti ini tentu saja yoghurt dikatakan manjur untuk obat diet dan juga para pemilik kolesterol dengan kadar tinggi.

[ Baca juga : Cara menurunkan kolesterol secara alami ]

22). Membersihkan Usus

Dikatakan membersihkan usus karena yoghurt bisa membersihkan makanan yang bersifat beracun dan mengandung bahan dengan senyawa yang tidak baik. Dengan adanya asam laktat pada yoghurt, minuman sehat ini membantu usus dalam tubuh anda untuk membersihkan usus itu sendiri dan membuang bahan yang dianggap tidak berguna untuk tubuh kemudian dibuang didalam feses, atau juga air seni.

23). Mengurangi gejala stress

Minuman yoghurt selain rasanya enak ternyata bisa membantu meredakan stress anda. Terutama diminum saat dingin maka akan terasa dingin dan menyegarkan. Kemudian memberikan efek segar dan rileks.asam laktat, vitamin C dan vitamin lainnya bisa membantu otak untuk memproduksi hormon yang bisa meredakan anda dari stress. Jika sedang memiliki tekanan usahakan tetap memakan buah dan meminum yoghury setiap harinya.

[ Baca juga : 10 Penyakit berbahaya akibat stres berlebihan ]

24). Memperkuat rambut

Rambut sangat mudah rontok terutama jika anda tidak merawatnya dengan tepat. Karena rambut memiliki akar yang rentan. Yoghurt bisa menutrisi rambut anda karena mengandung mangan dam zink sera seng yang membantu menutrisi kulit kepala dan rambut sehimgga kuat dan tidak mudah rontok.

Baca Juga :  30 Manfaat Madu untuk kesehatan dan kecantikan

[ Baca juga : Cara mengatasi rambut rontok secara alami ]

25). Mencegah penyakit Jantung

Seperti yang diketahui bahwa penyakit jantung disebabkan oleh berbagai faktor, diantaranya yakni kolesterol dan darah tinggi. Namun yoghurt bisa menghalau faktor-faktor tersebut dan mengurangi resiko anda terkena jantung. Apalagi dengan yoghurt, kolesterol bisa luruh dan tidak menumpuk pada tubuh. Kandungan asam laktat dan juga kalium membantu mengurangi penyakit jantung datang pada anda.

[ Baca juga : 6 Gejala penyakit Jantung yang harus di waspadai ]

26). Membersihkan Mulut

Mulut mengandung banyak bakteri, baik sudah makan atau tidak makan. Membersihkan mulut dapat digunakan dengan mengonsumsi Yoghurt. Antibakterinya bisa membantu menghilangkan bakteri yang menyebabkan berbagai masalah, sakit gigi, bau mulut, tidak enak lidah ,dan lain sebagainya. Untuk itu anda bisa mengonsumso yoghurt dengan rasa plain atau original setiap harinya.

[ Baca juga : Cara mengatasi bau mulut secara alami ]

27). Menghaluskan Kulit

Kulit yang halus menjadi dambaan semua orang. Banyak wanita yang ingin memiliki kulit putih dan juga halus. Kulit halus bisa dibuat dengan bahan alami atau menggunakan lotion dan mandi yang rajin. Asam laktat pada yoghurt bisa membuang sel kulit mati. Sehingga kulit menjadi halus dan terlihat terawat. Terutama bagi anda yang memiliki kulit sawo matang walaupun tidak memutihkan, namun yoghurt membuat kulit bersih dan sehat. Sangat penting membuat kulit sehat dibandingkan berubah menjadi hitam atau putih.

28). Memberikan Energi

Tidak hanya enak, yoghurt bisa menutrisi anda dan memberikan energi lebih pada tubuh. Walaupun sedikit asam dan juga termasuk minuman yang tergolong camilan namun yoghurt bisa menyumbangkan kalori. Energi tersebut didapat dari kalori dan lemak yang ada dan diubah agar bisa menutrisi tubuh. Jangan khawatir merasa lemas dan juga kelaparan.

29). Menyegarkan tubuh

Yoghurt berbeda dengan minuman manis dan instan di luaran. Walaupun sama-sama menyegarkan namun yoghurt jauh lebih sehat. Vitamin C nya bisa meningkatkan kesehatan serta kebugaran tubuh. Rasanya tubuh juga lebih segar maka yoghurt dingin sangat nikmat dikonsumsi dengan kondisi dingin.

30). Melegakan tenggorokan

Bagi anda yang sedang batuk atau tidak enak tenggorokan, tidak ada kendala untuk mengonsumsi yoghurt. Rasa asam yakni asam laktat, vitamin C dan juga rasa susu dengan kandungan kaliumnya justru membantu melegakan tenggorokan. Beberapa minuman akan memperparah anda yang sedang sakit. Namun tidak untuk yoghurt. Konsumsi yoghurt bersamaan dengan buah dan blender untuk dijadikan jus atau smoothies.

Demikian 30 manfaat yang bisa didapatkan dari yoghurt. sudah banyak perusahaan yang mengeluarkan yoghurt dengan berbagai rasa. Selain itu karena rasanya yang enak bisa dikonsumsi dengan berbagai cara, baik langsung, menggunakan biskuit, campurkan dengan buah. Yoghurt juga bisa dikonsumsi kapanpu baik pagi hari, siang maupun malam. Bagi anda yang diet juga yoghurt bisa menggantikan makan malam dan menukar karbohidrat dengan mengonsumsi yoghurt.

Loading...
37 Shares
Share37
+1
Pin
Tweet