Obat Alami Untuk Menyembuhkan Sakit Gigi Akibat Gigi Berlubang

Cara menyembuhkan Menyembuhkan Sakit Gigi Akibat Gigi Berlubang – Pernahkah Anda mengalami sakit gigi akibat berlubang? Jika pernah, Anda wajib membaca artikel ini sampai selesai karena kali ini akan dibahas obat alami yang bisa digunakan untuk menyembuhkan sakit gigi akibat gigi berlubang. Sakit gigi memang seringkali dialami oleh sebagian besar orang, baik anak-anak maupun orang dewasa. Rasa sakit tersebut muncul karena terjadi peradangan pada bagian pulpa gigi. Peradangan ini bisa saja menimbulkan bengkak, namun terkadang tidak bengkak sama sekali.

Menyembuhkan Sakit Gigi Akibat Gigi Berlubang

Banyak faktor yang dapat memicu sakit gigi dan menyebabkan gigi berlubang, di antaranya malas menggosok gigi, kurang peduli dengan kebersihan mulut, terlalu banyak mengkonsumsi makanan dan minuman manis, infeksi bakteri dan beberapa penyebab lainnya. Rasa sakit tidak hanya dirasakan pada gigi saja, tetapi bisa menjalar hingga ke gusi sekitarnya, rahang, leher hingga kepala. Tak heran bila orang yang mengalami sakit gigi segera mencari obat terbaik agar sakitnya segera mereda. Untungnya, ada beberapa bahan alami yang bisa dijadikan sebagai obat sakit gigi akibat gigi yang berlubang seperti berikut ini.

Obat Alami untuk Menyembuhkan Sakit Gigi Berlubang

1. Air Perasan Lemon

Air perasan lemon terbukti manjur untuk meredakan nyeri saat gigi berlubang. Kandungan asamnya dapat bertindak sebagai antiseptik sehingga mampu membasmi bakteri dalam gigi dan mulut. Jika tidak ada lemon, Anda bisa menggantinya dengan air perasan jeruk nipis, karena kandungan keduanya hampir sama. Cara menggunakannya, peras lemon atau jeruk nipis lalu oleskan pada permukaan gigi, juga teteskan ke dalam gigi yang berlubang. Tunggu hingga 15 menit, kemudian berkumurlah dengan air hangat. Lakukan 2-3 kali sehari sampai sakit gigi sembuh.

[ Baca juga : Manfaat jeruk lemon untuk kesehatan dan kecantikan ]

Loading...

2. Air Garam

Air garam mengandung yodium yang berfungsi sebagai pereda rasa ngilu dan nyeri pada gigi. Selain itu air garam juga dapat membasmi bakteri patogen dalam mulut sehingga dapat mencegah sakit gigi bertambah parah. Cara menggunakannya pun cukup mudah, ambil 3-4 sendok makan garam dapur lalu larutkan dalam segelas air hangat. Gunakan untuk berkumur selama 1-2 menit, dan lakukan beberapa kali sampai rasa nyeri berkurang. Yang perlu menjadi catatan, segera hentikan pemakaian air garam jika sakit gigi telah sembuh, karena air garam dapat menyebabkan gigi keropos jika dipakai dalam jangka waktu panjang.

[ Baca juga : 6 Manfaat mencuci muka dengan air garam ]

3. Buah Pala dan Garam

Garam tidak hanya bisa digunakan dalam bentuk larutan saja, namun juga bisa dicampur dengan buah pala sebagai obat sakit gigi akibat gigi berlubang. Buah pala memang sangat ampuh meredakan rasa nyeri dan mengurangi pembengkakan. Caranya, ambil satu biji buah pala yang biasa digunakan sebagai bumbu masakan. Tambahkan sejumput garam lalu tumbuk hingga halus. Masukkan ke dalam lubang gigi dan biarkan hingga setengah jam. Setelah itu berkumurlah dengan air hangat.

4. Daun Jambu Biji

Daun jambu biji mungkin lebih dikenal sebagai obat diare tradisional, namun siapa sangka jika daun jambu biji juga bisa dijadikan obat sakit gigi. Cara menggunakannya, ambil daun jambu biji yang tidak terlalu tua secukupnya dan cuci bersih. Kemudian tumbuk hingga halus. Masukkan pada gigi yang berlubang dan diamkan hingga setengah jam. Setelah itu bersihkan dengan berkumur menggunakan air hangat.

5. Biji Asam Jawa

Biji asam jawa yang dianggap tidak bisa dimanfaatkan pun ternyata bisa menjadi obat sakit gigi. Caranya, tumbuk halus beberapa biji asam jawa yang telah dibersihkan dan disangrai terlebih dahulu. Kemudian campurkan dengan sedikit air hangat, dan aduk hingga menjadi pasta. Oleskan pada permukaan gigi yang sakit terutama yang terdapat lubang dan diamkan selama 15 menit. Setelah itu Anda dapat membersihkannya dengan berkumur menggunakan air hangat.

[ Baca juga : 30 Manfaat Asam Jawa untuk kesehatan dan kecantikan ]

Itulah obat alami yang dinilai cukup ampuh dalam menyembuhkan sakit gigi akibat gigi berlubang. Daripada mencari obat yang pas, lebih jika kita mencegah sakit gigi dengan menjaga kebersihan gigi dan mulut serta rutin memeriksakan gigi ke dokter gigi.

Loading...
8 Shares
Share8
+1
Pin
Tweet