Olah raga pasca operasi caesar

Olah raga pasca operasi caesar – Melahirkan buah hati tercinta adalah suatu proses yang pasti akan dialami oleh seorang ibu. Segala kesusahan dan kesakitan yang dirasakan selama hamil dan melahirkan akan hilang dalam sekejap saat memeluk sang bayi saat pertama kali. Namun, setelah pulih pasca melahirkan, aka nada satu masalah yang butuh sedikit usaha ekstra untuk mengembalikannya menjadi normal. Ya, masalah tersebut adalah perut yang tidak lagi rata, dan stamina tubuh yang harus tetap dijaga. Salah satu upaya yang bisa dilakukan adalah dengan kembali berolahraga.

Bagi yang melahirkan dengan cara normal, mungkin tidak akan mengalami kesulitan untuk memulai olahraga kembali setelah berakhirnya masa nifas. Namun bagaimana jika sang ibu melahirkan dengan operasi caesar? Tentu butuh waktu lebih lama untuk menunggu tubuh benar-benar kembali fit dan siap untuk melakukan aktivitas normal. Karena jahitan di perut dan dinding rahim membutuhkan masa yang lebih lama untuk pulih, untuk itu perlu diperhatikan jenis olahraga apa yang cocok untuk ibu yang melahirkan dengan jalan operasi ini.

Gambar ilustrasi

Salah memilih jenis olahraga akan membuat tubuh kaget, apalagi dapat mempengaruhi bekas sayatan di perut. Selain itu, untuk memulai olahraga kembali, perlu dilakukan secara bertahap dari gerakan paling ringan, dan ditambah jumlah gerakannya sedikit demi sedikit. Bagi ibu pasca operasi caesar yang tidak sabar untuk mengecilkan perut dan mengembalikan kebugaran tubuh, cobalah beberapa olahraga berikut.

Loading...

6 Jenis olah raga untuk memperbaiki kondisi tubuh pasca operasi caesar

1). Yoga

Yoga merupakan olahraga yang dapat dilakukan dengan santai dan tidak membutuhkan banyak gerak, sehingga sangat cocok bagi ibu pasca melahirkan yang belum boleh untuk beraktivitas berat. Anda dapat memulainya dengan melakukan olah napas, peregangan otot, rileksasi, dan bridge pose atau pose jembatan untuk menguatkan tulang punggung.

2). Latihan Kegel

Latihan kegel dapat melatih otot bawah panggul dan vagina agar lebih kuat. Caranya cukup lakukan seperti ingin menahan pipis, tahan selama 10 detik lalu lepaskan. Lakukan hingga beberapa kali di sela waktu senggang Anda.

3). Jalan Cepat

Untuk melatih otot kaki, punggung dan jantung, jalan cepat bisa menjadi solusi untuk memulai olahraga pasca caesar. Jika telah terbiasa kecepatan dan jarak bisa ditingkatkan, untuk melatih otot semakin kuat.

[ Baca juga : Manfaat rutin berjalan kaki bagi kesehatan ]

4). Aerobik Ringan

Melakukan gerakan dengan alunan music dapat membuat suasana hati menjadi lebih baik, dan tentu saja lemak di tubuh akan terbakar. Ritme yang teratur selama aerobik akan meningkatkan kerja jantung dan paru-paru.

5). Spot Jogging

Jika tubuh sudah benar-benar kuat, ibu bisa melakukan lari di tempat atau spot jogging. Jadi latihan lari tetap dapat dilakukan tanpa meninggalkan si kecil di rumah. Latihan ini akan menguatkan jantung dan menjaga stamina.

6). Berenang

Berenang dapat melatih kekuatan paru-paru dan pernapasan, juga kelenturan tubuh. Sesekali luangkan waktu untuk merilekskan diri dengan berenang. Tidak perlu menggunakan gaya yang membutuhkan banyak tenaga, asalkan tubuh tetap bergerak di dalam air, itu sudah cukup untuk melatih otot-otot tubuh.

Jangan lupa untuk melakukan pemanasan dan pendinginan agar tubuh tidak kaget, dan segera ganti cairan tubuh setelah banyak mengeluarkan keringat. Jangan memaksakan diri untuk langsung melakukan aktivitas atau latihan berat.  Jika pada bekas operasi terasa sakit atau nyeri segera hentikan olahraga dan konsultasikan ke dokter untuk memastikan tidak terjadi apa-apa dengan bekas sayatan tersebut. Itulah olahraga yang dapat dilakukan pasca operasi caesar, semoga bermanfaat.

Loading...
7 Shares
Share7
+1
Pin
Tweet