Penyebab kencing bercabang

Penyebab kencing bercabang – Kencing bercabang merupakan kondisi dimana air seni yang dikeluarkan tidak lurus seperti pada umumnya, namun bercabang. Terkadang cabang bisa menjadi dua, namun terkadang juga bisa lebih. Hal tersebut umumnya terjadi pada pria, terutama pria yang belum disunat. Karena pada pria yang belum atau tidak disunat, masih terdapat kulup yang menutup kepala penis, sehingga air seni yang dikeluarkan menjadi bercabang.

Kondisi tersebut lebih sering terjadi pada saat pagi hari, karena saat bangun tidur kedua kulup masih menempel yang akhirnya membuat aliran kencing menjadi bercabang. Kencing bercabang sebenarnya bukan masalah bagi pria dengan kategori yang telah disebutkan sebelumnya. Namun hal ini menjadi pertanda adanya masalah pada saluran kencing bagi laki-laki yang telah disunat. Karena pada pria yang telah disunat seharusnya tidak ada lagi kulup yang menutupi kepala penis, sehingga secara normal aliran kencingnya akan lurus.

Penyebab kencing bercabang

Gambar ilustrasi

Gejala Kencing Bercabang

Kencing bercabang terkadang tidak menimbulkan gejala apapun, namun terkadang bisa saja muncul gejala ringan seperti keluarnya air kencing yang tidak lancar dan rasa sakit saat buang air kecil. Jika terdapat rasa sakit walaupun sedikit, sebaiknya periksakan diri ke dokter. Karena bisa jadi terdapat suatu masalah atau penyakit yang membutuhkan penanganan agar dapat sembuh. Biasanya masalah yang timbul diakibatkan kondisi strukur uretra dan terjadi penyempitan pada saluran kencing.

Penyebab Kencing Bercabang

Perubahan struktur uretra baik dalam keadaan ringan hingga berat dapat disebabkan oleh berbagai hal, antara lain sebagai berikut:

  1. Pembesaran prostat, peradangan prostat
  2. Faktor genetik atau kelainan bawaan pada saluran kencing
  3. Adanya tumor atau kanker pada saluran urin
  4. Terjadi penyumbatan akibat terbentuknya batu pada saluran kemih
  5. Adanya infeksi saluran kemih dikarenakan bakteri, atau tertular penyakit seksual seperti Gonore dan Klamidia
  6. Pernah terjadi benturan pada daerah kelamin yang menyebabkan saluran kencing mengalami penyempitan dan peradangan.
  7. Permah dipasangkan kateter urin.
Baca Juga :  Ketahui Oligoasthenozoospermia, Penyebab, Dan Pengobatan

Pada gejala yang parah, seringkali muncul keadaan dimana kencing sulit sekali tuntas atau tidak lancar, bahkan terdapat darah pada air seni. Hal tersebut menunjukkan terjadi luka pada saluran kencing, atau penyumbatan sehingga kencing menjadi bermasalah. Meski awalnya terasa biasa saja, jika dibiarkan masalah tersebut akan menjadi parah dan sulut untuk diatasi.

Cara Mengobati Kencing Bercabang

Untuk melakukan pengobatan terhadap kencing bercabang ini, bisa dilakukan secara alami. Namun jika penyebab pastinya belum diketahui akan sedikit sulit untuk mendapatkan penyembuhan. Bahan alami yang dapat membantu mengobati penyebab kencing bercabang yaitu daun sirsak, yang terbukti khasiatnya dalam menetralisir tubuh dalam racun yang menyebabkan terbentuknya endapan batu pada saluran kemih.

Selain itu, kandungan senyawa dalam daun sirsak dapat menghambat bahkan membunuh bakteri yang menginfeksi saluran kencing sehingga kencing dapat kembali lancar dan tidak lagi bercabang. Selain daun sirsak, ekstrak kulit manggis juga dapat mengobati infeksi dan dan peradangan dengan kandungan senyawa xanthonenya. Kulit manggis juga berkhasiat sebagai antioksidan dan mampu menghambat pertumbuhan jamur dan bakteri yang menyebabkan infeksi.

[ Baca juga : Cara menjalankan pola hidup sehat ]

Jika ingin mendapatkan diagnosa yang akurat beserta dengan pengobatan yang tepat, sebaiknya periksakan diri ke dokter atau rumah sakit. Pihak medis akan melakukan pemeriksaan uroflometri, untuk menentukan kecepatan dan kekuatan pancaran air seni. Jika memang terjadi penyumbatan, untuk mengetahui lokasi penyumbatan tersebut dapat dilakukan pemeriksaan uretrografi atau sistografi bipolar. Dengan mengetahui penyebab kencing bercabang secara pasti, akan lebih mudah memberikan pengobatan yang tepat sehingga dapat segera sembuh.

[ Baca juga : Cara menghindari asap rokok bagi perokok pasif ]

Demikian artikel mengenai penyebab kencing bercabang, semoga kita lebih peka dengan kondisi tubuh kita dan lebih peduli dengan kesehatan yang kita miliki. Jangan pernah sepele dengan hal kecil yang terjadi pada tubuh, karena bisa jadi hal tersebut dapat menjadi masalah besar jika tidak segera ditangani.

Baca Juga :  10 Cara memutihkan gigi yang kekuningan
Loading...
0 Shares
Share
+1
Pin
Tweet