Penyebab Nafsu Makan Berkurang Saat Hamil & Cara Mengatasinya

Penyebab nafsu makan berkurang saat hamil – Kehamilan adalah masa yang membahagiakan dan paling ditunggu-tunggu bagi sepasang suami istri. Namun untuk menjalani masa-masa kehamilan selalu ada saja masalah yang muncul, seorang wanita yang tengah hamil harus benar-benar mempersiapkan diri baik fisik maupun mental agar lebih kuat menghadapi kondisinya selama hamil. Salah satu masalah yang wajar dialami oleh ibu hamil adalah berkurangnya nafsu makan, terutama di trimester pertama.

Padahal saat sedang hamil, kebutuhan gizi dan nutrisi lebih banyak daripada sebelum hamil. Akan menjadi masalah yang serius jika kehilangan nafsu makan tidak segera ditangani, karena akan berdampak buruk bagi kesehatan ibu dan perkembangan janin yang dikandung. Karena itu, sebaiknya kita segera mencari cara untuk mengatasinya agar kebutuhan nutrisi bagi ibu dan janin dapat terpenuhi dengan baik. namun sebelum itu, ketahui dahulu penyebab berkurangnya nafsu makan di saat hamil.

Penyebab nafsu makan berkurang saat hamil

Penyebab Nafsu Makan Berkurang Saat Hamil

1). Morning Sickness

Morning sickness merupakan kondisi mual dan muntah yang berlangsung selama masa kehamilan. Biasanya keadaan ini terjadi pada jam-jam tertentu seperti di pagi hari, namun tidak menutup kemungkinan terjadi sepanjang hari. Kondisi tersebut menyebabkan nafsu makan berkurang karena setiap apa yang dimakan akan kembali dimuntahkan, hal tersebut cukup membuat sang calon ibu depresi sehingga tidak ingin melanjutkan makannya.

2). Perubahan Hormon

Terjadinya perubahan hormon selama masa kehamilan adalah hal yang pasti terjadi. Adanya janin yang menempel pada dinding rahim mengharuskan dinding rahim menebal sehingga akan merangsang hormon progesteron meningkat. Tingginya kadar progestron dalam tubuh membuat proses pencernaan berjalan dengan lambat sehingga nafsu makan akan jelas berkurang. Selain itu hormon progesteron juga dapat menyebabkan sembelit sehingga perut terasa begah dan dapat mengurangi nafsu makan.

Loading...

3). Kelelahan dan Ketegangan

Ketegangan akibat depresi dengan segala aktivitas baru selama hamil akan membuat aktivitas lambung terganggu, akibatnya nafsu makan pun menurun. Ditambah lagi pada awal kehamilan tubuh seorang ibu hamil akan mudah lelah, sehingga tidak ada lagi keinginan untuk makan.

[ Baca juga : 5 Makanan sehat untuk Ibu hamil ]

Cara Mengatasi Berkurangnya Nafsu Makan Saat Hamil

Agar tubuh tetap ternutrisi dengan baik dan terhindar dari dehidrasi, maka sang calon ibu harus berusaha meningkatkan nafsu makannya. Berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menambah nafsu makan di masa hamil:

  1. Perkecil porsi makan namun sering agar lambung dan organ pencernaan lainnya dapat bekerja dengan lebih mudah.
  2. Karena keseringan rasa mual terjadi di pagi hari, jangan paksakan lambung menerima makanan apalagi dalam bentuk padat. Isi lambung dengan sedikit makanan ringan yang bergizi seperti sereal, dan tutupi kekurangan nutrisi di pagi hari dengan menyantap makanan sehat di siang hari.
  3. Perbanyak konsumsi buah dan sayur, dua kali lipat dari biasanya. Pilih buah yang menyegarkan agar rasa mual hilang dan selera makan bangkit. Tidak ada pantangan makan selama hamil asalkan tidak dikonsumsi secara berlebihan.
  4. Tambah porsi konsumsi air putih dari biasanya, minimal 10 gelas setiap hari. Karena janin banyak menyerap cairan dari tubuh ibunya, maka dengan banyak minum air putih cairan tubuh akan segera terganti.
  5. Hindari makanan yang berlemak dan berminyak, karena akan memberatkan kerja lambung.

[ Baca juga : Olah raga pasca operasi caesar ]

Demikian artikel penyebab nafsu makan berkurang saat hamil dan cara mengatasinya, semoga calon ibu yang tengah menjalani masa kehamilannya dapat mencukupi kebutuhan nutrisi bagi dirinya dan juga janinnya.

Loading...
0 Shares
Share
+1
Pin
Tweet