Penyebab sering mengantuk dan cara mengatasinya

Penyebab sering mengantuk – Mengantuk adalah proses alamiah yang pasti dialami oleh setiap orang. Mengantuk disebabkan tubuh dan otak yang lelah sehingga kekurangan pasokan oksigen, dan membutuhkan istirahat sejenak untuk mengembalikan kondisi tersebut menjadi prima. Biasanya seseorang mengantuk karena kurang tidur di malam hari atau baru saja menyelesaikan pekerjaan yang berat.

Jika hal tersebut yang terjadi maka wajar jika mengantuk. Namun adakalanya seseorang merasa sangat mengantuk dan itu sering terjadi tanpa alasan yang jelas. Kondisi tersebut tidak boleh dianggap remeh karena selain mengganggu aktivitas di siang hari, bisa saja terjadi masalah kesehatan serius yang mungkin sedang dialami. Berikut ini beberapa penyebab sering mengantuk dan cara mengatasinya.

Penyebab sering mengantuk

Gambar ilustrasi

Penyebab mudah menganduk

1). Menderita Penyakit Anemia

Anemia merupakan penyakit dimana seseorang mengalami kekurangan darah, yang mengandung zat besi untuk mengikat dan menyalurkan oksigen ke otak dan seluruh tubuh. Akibatnya pasokan darah ke otak berkurang sehingga orang tersebut akan merasa lemas dan sering mengantuk.

2). Menderita Penyakit Diabetes

Orang yang mempunyai riwayat penyakit diabetes pasti sering mengantuk. Hal ini disebabkan penderita diabetes tidak mampu memproduksi insulin yang menetralkan kadar gula dalam darah. Kelebihan gula dalam darah menyebabkan tubuh lemas dan sering mengantuk.

[ Baca juga : 5 Gejala diabetes yang harus di waspadai ]

3). Mengalami Dehidrasi

Dehidrasi yang disebabkan kekurangan cairan tubuh dapat membuat seseorang mudah mengantuk. Karena aktivitas sel tidak berjalan sebagaimana mestinya sehingga otot menjadi lemas dan akhirnya menyebabkan kantuk.

4). Mengalami Stres atau Depresi

Stres akibat pekerjaan yang menumpuk atau rutinitas yang monoton akan membuat seseorang cenderung menjadi malas, sehingga enggan menyelesaikan pekerjaan dan lebih memilih untuk duduk santai sambil berkhayal. Keadaan depresi juga terkadang menyebabkan sulit tidur di malam hari sehingga esok harinya akan mengantuk sepanjang waktu.

[ Baca juga : 10 Penyakit berbahaya akibat stres berlebih ]

5). Obesitas

Jika Anda mengalami obesitas, maka mengantuk akan menjadi sebuah kebiasaan di siang hari. Karena orang dengan tubuh gemuk cenderung malas melakukan banyak gerak sehingga lebih banyak menghabiskan waktu dengan duduk, menonton tv dan makan. Banyaknya makanan yang dimakan juga menjadi pemicu mudah mengantuk karena tubuh membutuhkan energi lebih banyak untuk mencerna makanan tersebut.

Setelah mengetahui beberapa penyebab seringnya mengantuk, maka perlu juga untuk mengetahui cara mengatasinya agar kita bisa meminimalisir rasa kantuk saat sedang beraktivitas atau bekerja di siang hari. Berikut ini cara mengatasi kantuk yang berlebihan, dan bisa segera diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

[ Baca juga : Penyebab sering buang angin dan cara mengatasinya ]

Cara mengatasi sering mengantuk

1). Istirahat Sejenak

Saat rasa kantuk tidak lagi tertahankan di siang hari, sebaiknya luangkan waktu sepuluh hingga lima belas menit untuk memejamkan mata dan beristirahat. Dengan begitu rasa kantuk akan segera hilang karena tubuh sudah kembali fit dan lepas dari rasa lelah.

2). Meminum Air Putih

Jika penyebab rasa kantuk dikarenakan dehidrasi, minumlah air putih yang cukup. Idealnya orang dewasa membutuhkan air putih 8-10 gelas per hari . jadi pastikan kebutuhan cairan tubuh terpenuhi dengan baik agar tidak mudah mengantuk di saat bekerja.

[ Baca juga : Cara diet dengan air putih ]

3). Berdiri dari Kursi

Mengantuk bisa jadi pertanda tubuh lelah, atau jenuh dengan aktivitas kerja seperti terlalu lama duduk di kursi dan depan computer. Karena itu, sesekali beri waktu sedikit untuk bangkit dari duduk dan regangkan otot-otot agar tubuh kembali segar. Selain itu, untuk menyegarkan mata lihatlah keluar jendela atau ke arah pohon sehingga kantuk segera menghilang.

Demikian artikel penyebab sering mengantuk dan cara mengatasinya. Setelah beristirahat dengan cukup namun tetap sering mengantuk, sebaiknya periksakan diri ke dokter agar dapat dicari tahu penyebabnya. Karena jika mengantuk disebabkan penyakit tertentu, kita bisa segera mengobatinya sebelum bertambah parah.

Loading...
2 Shares
Share2
+1
Pin
Tweet