Tips memilih krim pemutih wajah yang aman & legal

Tips memilih krim pemutih wajah – Wanita Indonesia memang pada umumnya terlahir dengan kulit berwarna kuning langsat hingga kecokelatan yang membuktikan Indonesia sebagai negara beriklim tropis. Kulit kuning langsat atau kecokelatan wanita Indonesia sebenarnya dianggap eksotis dan indah bagi pria Mancanegara dan pria Indonesia.

Namun, paradigma bahwa wanita cantik adalah wanita yang memiliki kulit dan wajah putih bersih terlanjur mengakar pada mayoritas wanita Indonesia. Tak heran, mereka melakukan berbagai cara untuk mengubah kulitnya dan wajahnya agar berwarna putih bersih. Salah satunya dengan menggunakan produk krim pemutih wajah yang banyak ditawarkan pada berbagai iklan, internet, media sosial,dll. Sebelum menggunakan krim pemutih, sebaiknya menyimak beberapa tips memilih krim pemutih yang aman terlebih dahulu agar tidak terjebak produk berbahaya.

5 Ciri krim Pemutih Wajah yang Aman dan Terpercaya

Tips menggunakan krim malam

Gambar ilustrasi

1). Memiliki Harga Jual yang Sedikit Lebih Mahal

krim pemutih wajah yang aman biasanya dijual dengan harga yang sedikit lebih mahal karena jaminan kualitas dan keamanan produknya. Tingginya minat wanita terhadap penggunaan krim pemutih menimbulkan banyak produsen asli maupun abal-abal berlomba memasarkan produknya dengan harga yang kompetitif sehingga terkadang tidak terlalu memperhatikan kualitas bahan produknya bagi kesehatan. Produsen abal-abal kebanyakan menggunakan bahan kimia berbahaya pada krim pemutih agar bisa dijual dengan harga yang jauh lebih murah dan mendapat banyak konsumen. Selain itu, produsen abal-abal juga memberikan label ‘hasil cepat’ sehingga para wanita yang memilih cara instan tergiur membeli. Jadi saat berencana membeli krim pemutih, pastikan harganya tidak jauh berbeda dengan produk-produk dari produsen lain.

2). Terdapat Nomor Registrasi BPOM pada Kemasan

Ciri-ciri krim pemutih wajah yang aman dan terpercaya lainnya adalah adanya nomor registrasi dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Indonesia yang tertera pada bagian kemasan krim. Perbedaan antara produk yang legal dengan produk yang ilegal baik dari luar negeri maupun lokal terlihat pada ada tidaknya ijin edar dari BPOM. Namun, nomor dari BPOM saat ini juga bisa dimanipulasi dengan teknologi. Jadi untuk lebih meyakinkan aman tidaknya produk krim pemutih, konsumen bisa langsung mengeceknya di website resmi BPOM. Jika memang produk krim pemutih benar-benar telah teregistrasi di BPOM, nama krim pemutih beserta detail lengkapnya akan muncul di halaman. Sedangkan jika sebaliknya, ada 2 kemungkinan yaitu produk tersebut tidak tersertifikasi atau sedang dalam proses sertifikasi.

Baca Juga :  Manfaat dan efek samping krim theraskin bagi kecantikan

3). Tidak Tertera Bahan Kimia Berbahaya di Komposisi

Cara yang paling jelas untuk mengetahui aman tidaknya produk krim pemutih yang dibeli yakni bisa dilakukan dengan mengecek kandungan bahan kimia pada komposisi. krim pemutih wajah yang aman tidak akan menggunakan bahan kimia yang berbahaya. Untuk melihat apa saja bahan kimia yang berbahaya untuk wajah, konsumen bisa mencari tahu list nama bahan kimia berbahaya di internet. Salah satu bahan kimia berbahaya yang sering terdapat pada krim pemutih adalah Mercury. Untuk lebih yakin dengan keamanan produk krim, konsumen bisa menghubungi Customer Service atau sales resmi produk.

Baca juga : 5 Manfaat menggunakan krim malam

4). Tidak Terjadi Gejala Aneh Saat Menyentuh, Mencium dan Melihat Warna krim

Ciri lainnya dari krim pemutih wajah yang aman adalah tidak lengket dan menimbulkan gatal saat disentuh atau dioleskan pada kulit, tidak menimbulkan rasa pusing dan eneg saat mencium aroma produk dan warna krim pemutih tercampur dengan rata. Jika anda mengalami gejala sebaliknya, sebaiknya anda mencurigai keamanan produk pemutih tersebut dan menghindari untuk membelinya.

5). krim Sesuai dengan Jenis Kulit

krim pemutih wajah yang aman tetap harus disesuaikan dengan kondisi kulit yang berminyak, normal maupun kering. Jika krim pemutih dibeli di sebuah klinik kecantikan, umumnya kondisi wajah konsumen akan diperiksa terlebih dahulu agar sesuai dengan krim yang akan dibeli nantinya, Hal ini untuk menghindari terjadinya gangguan seperti komedo dan jerawat.

Lihat Juga :
Loading...
0 Shares
Share
+1
Pin
Tweet