20 Cara Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Secara Alami

Minggu, September 9th, 2018 - Kesehatan

Cara Meningkatkan Daya Tahan Tubuh – Pernahkah Anda mengalami kelelahan yang tidak wajar, mudah jatuh sakit, hingga flu yang terjadi berulang kali? Jika jawabannya iya, artinya daya tahan tubuh Anda sedang melemah. Kondisi ini memang bisa saja terjadi akibat kurangnya istirahat atau pengaturan pola makan yang salah. Namun bukan berarti menurunnya daya tahan tubuh boleh dibiarkan begitu saja, karena jika berlangsung lama tubuh mudah terserang beragam penyakit. Karena itu, berikut ini terdapat beberapa cara meningkatkan daya tahan tubuh secara alami yang sangat mudah dilakukan.

cara meningkatkan daya tahan tubuh

Tips meningkatkan daya tahan tubuh secara alami

1. Perbanyak Menghirup Udara Segar

Kecanggihan teknologi mungkin secara tak sadar membuat kita lebih banyak menghabiskan waktu dengan posisi duduk atau berbaring sambil menikmati konten-konten di dalam gadget. Padahal, tubuh pun membutuhkan waktu sejenak untuk lepas dari semua kecanggihan tersebut, setidaknya mulailah dengan membiasakan diri ke luar rumah saat udara sedang terasa sejuk dan segar. Hal ini akan lebih baik dilakukan saat masih pagi karena udara masih sangat bersih dan segar untuk dihirup.

2. Mengkonsumsi Buah dan Sayur

Tidak dapat dipungkiri bahwa buah-buahan dan sayuran memiliki peranan yang sangat penting dalam menunjang kesehatan tubuh kita. Banyak sekali kandungan nutrisi dan antioksidan yang bisa kita peroleh dari buah dan sayur, dimana kandungan tersebut akan membantu sistem imunitas tubuh tetap bagus sepanjang hari. Namun, ada hal yang perlu diperhatikan, yaitu konsumsi buah dan sayur secara bergantian dan bervariasi jenisnya setiap hari agar pemenuhan nutrisi tubuh semakin lengkap.

3. Istirahat yang Cukup

Jika ingin memiliki tubuh yang selalu sehat, jangan lewatkan waktu untuk bisa menikmati istirahat dengan waktu yang cukup. Setidaknya tidurlah di malam hari selama 6-8 jam, dan siang setidaknya 20-30 menit agar tubuh bisa kembali fit setelah lelah beraktivitas. Kurangi jadwal begadang atau lembur karena pekerjaan, karena tubuh pun membutuhkan istirahat yang cukup untuk bisa tetap kuat menjalani kegiatan sehari-hari.

4. Merawat Diri

Jangan biarkan kesibukan yang padat membuat Anda lupa untuk meluangkan waktu sejenak untuk merawat diri sendiri. Perawatan sendiri di rumah dalam waktu yang singkat saja sudah bisa membuat tubuh semakin rileks dan akhirnya berakhir pada perasaan bahagia. Suasana hati yang baik tentu akan mendorong hormon bahagia keluar sehingga berdampak pada daya tahan tubuh yang semakin meningkat. Jadi, tidak ada salahnya untuk sejenak pergi ke salon, mendapatkan perawatan tubuh dan bersantai di spa sesekali dalam beberapa bulan.

5. Olahraga Secara Rutin

Semua orang sudah tahu bahwa olahraga sudah banyak jenisnya, dan kita bisa memilih jenis manapun sesuai dengan kemampuan dan kesukaan. Dengan melakukan olahraga secara rutin dan teratur maka tubuh semakin fit dan daya tahan tubuh pun terus terjaga. Gerakan dalam olahraga dapat melatih jantung untuk berdetak dan berfungsi dengan baik, juga merangsang perasaan bahagia hingga membuat tidur menjadi lebih nynenyak.

6. Kurangi Konsumsi Gula

Ternyata gula dapat memberikan dampak buruk bagi kesehatan jika dikonsumsi secara berlebihan, salah satunya dapat melemahkan daya tahan tubuh. Kadar gula berlebih dalam tubuh dapat membuat sel menjadi lemah, juga berpotensi diubah menjadi lemak sebagai cadangan makanan dalam tubuh. Karena itu, lemak berlebih dalam tubuh akan membuat fungsi beberapa organ terganggu. Tingginya kadar gula dalam darah juga dapat memicu terjadinya diabetes. Jadi, perhatikan asupan gula Anda setiap harinya dan batasi agar dikonsumsi sesuai kebutuhan saja.

7. Batasi Konsumsi Garam

Sama seperti gula, garam pun dibutuhkan oleh tubuh namun dalam jumlah yang kecil. Jika dikonsumsi berlebihan maka berbagai gangguan kesehatan dapat terjadi. Salah satu dampak yang sering terjadi adalah tingginya tekanan darah atau terjadinya penyempitan pembuluh darah yang berdampak pada kesehatan jantung dan kelancaran peredaran darah. Jadi, gunakan garam seperlunya saja saat memasak dan hindari makanan yang asin atau diawetkan dengan garam.

8. Rutin Mengkonsumsi Madu

Penelitian membuktikan bahwa kebiasaan mengkonsumsi madu setiap harinya dapat membuat tubuh menjadi lebih segar sehingga tidak mudah lelah dan daya tahan tubuh selalu terjaga. Madu mengandung banyak sekali nutrisi yang dapat memenuhi kebutuhan tubuh sehingga kekebalan tubuh meningkat jika kita minum madu setiap hari. Usahakan untuk meminum madu sebanyak 2 sendok makan setiap paginya, dan lebih baik lagi jika dinikmati dengan melarutkannya dalam segelas air hangat.

[ Baca juga : 30 Manfaat Madu untuk kesehatan & kecantikan ]

9. Hindari Minum Kopi

Beberapa orang memang seperti tidak bisa hidup tanpa kopi, sehingga setiap harinya mampu menghabiskan beberapa cangkir kopi. Padahal kebiasaan tersebut dapat membuat sistem imun melemah, karena kandungan kafeinnya dapat menghalangi penyerapan vitamin dan mineral dari makanan yang kita konsumsi. Ditambah lagi, kafein membuat tubuh lebih banyak terjaga sehingga dapat menyebabkan tubuh kurang beristirahat.

10. Mengkonsumsi Air Lemon

Air lemon memang menyegarkan, dan ternyata jika dikonsumsi secara rutin dapat membantu memelihara daya tahan tubuh. Jadi, biasakanlah mengkonsumsi air perasan lemon yang dicampurkan segelas air hangat setiap hari. Kandungan vitamin C di dalamnya bertindak sebagai antioksidan yang mampu merangsang pembentukan antibodi sekaligus melawan radikal bebas. Namun jika Anda memiliki riwayat penyakit lambung, hindari mengkonsumsi air lemon dalam keadaan perut kosong.

[ Baca juga : Manfaat Jeruk Lemon untuk kesehatan & kecantikan ]

11. Perbanyak Protein dan Hindari Karbohidrat

Mengkonsumsi banyak protein murni akan membantu tubuh menghasilkan lebih banyak sel untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan perbaikan sel yang rusak. Sementara itu, karbohidrat sebaiknya dihindari karena jika dikonsumsi berlebihan dapat memberikan dampak yang tidak baik bagi tubuh. Salah satunya yaitu membuat tubuh kelebihan berat badan, kerusakan sel yang lebih cepat dan imunitas tubuh yang semakin lemah.

12. Banyak Minum Air Putih

Ahli kesehatan telah merekomenasikan bahwa setidaknya dalam sehari kita perlu mengkonsumsi air putih hingga 8 gelas. Hal ini ditujukan untuk mencegah tubuh mengalami dehidrasi dan kerusakan sel yang berakibat pada melemahnya sistem kekebalan tubuh. Usahakan untuk mengkonsumsi 1-2 gelas di pagi hari sesaat setelah bangun tidur. Sisanya, Anda habiskan secara berkala hingga malam hari. Kebutuhan cairan tubuh yang terpenuhi akan membuat sel dan organ tubuh bekerja dengan optimal sehingga tubuh tidak mudah terserang penyakit.

[ Baca juga : Cara diet dengan air putih ]

13. Minum Suplemen

Sekarang ini sudah banyak kita temukan prosuk suplemen yang diklaim dapat membantu memelihara kesehatan dan meningkatkan daya tahan tubuh. Kita bisa memilih yang mana produk yang sesuai kebutuhan, dan minumlah suplemen tersebut secara rutin. Produk herbal juga menarik dan lebih baik dipilih karena lebih alami, minim efek samping dan tentunya dari segi harga sangat terjangkau. Ini merupakan salah satu cata meningkatkan daya tahan tubuh secara alami dan aman dilakukan dalam jangka waktu panjang.

14. Jalan-jalan ke Taman

Sekilas terlihat sedang bersantai atau bermain, namun membiasakan diri untuk pergi jalan-jalan ke taman ternyata dapat membantu memelihara daya tahan tubuh. Gerak aktif saat kita berjalan dapat membakar kalori sekaligus melatih jantung agar dapat berfungsi dengan baik. Lebih baik jika melakukannya bersama keluarga untuk menciptakan hubungan yang lebih hangat. Selain mendapatkan tubuh yang lebih bugar, hubungan keluarga pun bisa semakin harmonis.

15. Perbanyak Tertawa

Bercanda dan tertawa dengan lepas dapat merangsang produksi hormon bahagia lebih banyak sehingga tubuh selalu dalam keadaan rileks dan tenang. Ketenangan yang di dapat akan membantu meningkatkan daya tahan tubuh secara alami. Jadi, ajaklah bercanda anggota keluarga atau teman dan sesekali tertawalah secara lepas hingga perasaan menjadi terasa sangat lega. Jika kita bisa tertawa selama 10 menit saja setiap harinya maka resiko terkena penyakit jantung pun akan jauh berkurang.

16. Selalu Berpikir Positif

Pikiran yang positif akan mendorong sel tubuh untuk semakin kuat dalam melawan benda asing yang masuk. Pikiran positif akan membuat pikiran menjadi tenang, selalu bahagia dan akhirnya membuat tubuh ikut menjadi kuat. Bahkan, orang yang selalu berpikir positif jauh lebih jarang sakit atau terkena flu, daripada orang-orang yang sering berpikiran negatif. Kekuatan pikiran mendorong organ dan sel untuk menghasilkan lebih banyak sistem imun untuk melawan berbagai jenis penyakit.

Info kesehatan lainnya :

17. Mengkonsumsi Makanan Probiotik

Ada banyak produk makanan yang termasuk makanan probiotik, seperti kefir, tempe, yoghurt dan yang lainnya. Makanan tersebut dapat membuat bakteri baik dalam tubuh melindungi organ dan sel tubuh sehingga sangat baik jika kita mengkonsumsinya setiap hari. Manfaat ini lebih banyak dirasakan di bagian usus, dimana pada organ tersebut terjadi proses pencernaan dan penyerapan nutrisi. Jadi dengan mengkonsumsi makanan probiotik diharapkan tubuh memiliki daya tahan tubuh yang lebih kuat.

18. Perbanyak Komunikasi dengan Keluarga dan Teman

Memiliki komunikasi yang baik dengan orang lain juga turut membantu dalam menjaga daya tahan tubuh tetap prima. Sebaliknya, kesendirian akan memicu seseorang mengalami depresi yang berujung ketidakbahagiaan. Kondisi tersebut tentu tidak baik, jadi biasakan untuk menjalin keakraban dengan siapa saja terutama keluarga dan teman yang selalu memberikan dukungan positif dalam setiap aktivitas kita.

19. Mendapatkan Sinar Matahari yang Cukup

Cara meningkatkan daya tahan tubuh lainnya yang sangat mudah dilakukan yaitu dengan membiasakan diri berjemur di bawah matahari pagi. Cara ini tidak hanya membuat daya tahan tubuh semakin kuat, namun juga membantu menguatkan tulang karena sinar matahari yang mengubah provitamin D menjadi vitamin D. Waktu terbaik untuk berjemur yaitu antara pukul 07.30 – 09.00 pagi. Di luar jam tersebut sebaiknya tidak berjemur karena sinar UV sudah sangat tinggi dan dapat merusak kulit.

20. Menghindari Rokok dan Alkohol

Terakhir, hal yang penting dilakukan agar tubuh selalu sehat dan daya tahan tubuhnya kuat yaitu dengan berusaha menghindari alkohol dan juga asap rokok. Paparan zat kimia dari kedua benda tersebut akan merusak sel tubuh termasuk organ dalam tubuh yang penting. Asap rokok dari perokok yang tidak sengaja kita hirup pun sama bahayanya. Karena itu, sebisa mungkin hindari asap rokok dari manapun dan selalu jaga kesehatan.

[ Baca juga : Tips menghindari asam rokok bagi perokok pasif ]

Nah, itulah cara meningkatkan daya tahan tubuh secara alami dan pastinya aman dilakukan setiap hari. Dengan daya tahan tubuh yang kuat, kita bisa beraktivitas dengan lancar dan tentunya tidak mudah sakit. Jangan lupa untuk melakukan semua atau salah satu cara di atas dan lakukan dengan konsisten. Selama beberapa minggu akan jelas terlihat hasilnya, yaitu tubuh terasa lebih segar, fit, tidak mudah lelah dan jarang jatuh sakit.

20 Cara Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Secara Alami | Manfaat Sehat | 4.5